News Breaking
Live
wb_sunny

Dinkop Cilegon Bina 271 Koperasi Tidak Aktif, Atau?

Dinkop Cilegon Bina 271 Koperasi Tidak Aktif, Atau?


Spiritnews.media, (Cilegon) - Dinas Koperasi (Dinkop) dan UKM Kota Cilegon segera melakukan pembinaan terhadap 271 koperasi yang tidak aktif. Dimana, jumlah koperasi yang ada di Kota Cilegon mencapai 668 koperasi dan 346 koperasi diantaranya dalam kondisi aktif.

“Ada 668 koperasi di Cilegon, ada 346 koperasi yang aktif dan ada 271 koperasi tidak aktif. Rata-rata mereka yang tidak aktif dikarenakan belum melakukan RAT (Rapat Anggota Tahunan). Ada juga disebabkan oleh masalah pengelolaan koperasi yang kurang sehat,” kata Kepala Dinkop dan UKM Kota Cilegon Didin S Maulana sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Selasa 18 Juli 2023.

Dijelaskan Didin, pihaknya akan segera melakukan pembinaan terhadap koperasi yang tidak aktif. "Kita ada PR (Pekerjaan Rumah) berarti. Sebanyak 271 koperasi yang tidak aktif itu nanti bakal kita bina, kita datangi, kita tanyakan permasalahannya apa, kita carikan solusinya agar koperasi tersebut bisa aktif kembali,” jelasnya.

Dalam hal ini, Didin mengaku, pihaknya telah melakukan monitoring dengan mendatangi beberapa koperasi yang dianggap tidak aktif untuk menghidupkan kembali koperasi-koperasi tersebut. “Kita kunjungi ke koperasinya permasalahannya apa, nanti ada penilaian dan dikategorikan nih. Ada dari atas, kategori koperasi sehat, cukup sehat, dalam pengawasan dan terakhir masuk kategori paling bawah yaitu dalam pengawasan khusus atau koperasi yang tidak aktif. Sekarang sudah mulai berjalan. Ada 100 lebih koperasi yang sudah kita kunjungi,” akunya.

Selain itu, Didin menuturkan, pihaknya akan memetakan dan memberikan pelatihan kepada pengurus serta anggota koperasi, terkait kelembagaan koperasi, manajemen koperasi, dan keuangan di koperasi. "Nanti kita buat pelatihan untuk mereka, jika mereka bisa dibina ya kita bina. Kalau tidak bisa buat laporan keuangan kita ajarin cara bikin laporannya,” tutur Didin. (*ADV)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar