News Breaking
Live
wb_sunny

Bunda PAUD Kota Cilegon : Pendidikan di Era Digital, Orangtua Diminta Awasi Anak Sejak Dini

Bunda PAUD Kota Cilegon : Pendidikan di Era Digital, Orangtua Diminta Awasi Anak Sejak Dini


Spiritnews.media, (Cilegon) - Para wali murid di SDN Cikerut, Kecamatan Cibeber, diedukasi terkait pentingnya keterlibatan orangtua terhadap pendidikan, di Kantor Kecamatan Cibeber, Selasa 18 Juli 2023.

Hadir dalam acara tersebut Bunda Paud Kota Cilegon Hany Seviatry Helldy, Ketua Pokja Bunda Paud Kota Cilegon Siti Faridah Sanuji dan Asda I Pemkot Cilegon Tatang Muftadi.

Tatang mengatakan, di era teknologi informasi sekarang, peran orangtua sangat penting dalam mengawasi perilaku anak saat menggunakan perangkat digital. Mengingat kemudahan informasi yang dapat diakses tanpa batas.


"Peran orangtua terhadap anak apalagi di era digital ini sangat penting. Teknologi masuk ke kamar anak-anak melalui medsos. Ini tentu harus terus difilter oleh semua orangtua agar jangan sampai anak terpengaruh hal-hal negatif," katanya.

Terlebih, ujar Tatang, keluarga sebagai garda terdepan pembentukan karakter anak perlu mengembangkan pola asuh atau pola interaksi yang edukatif dan efektif. 

"Yang namanya anak-anak sifatnya ingin serba tahu, masih ikut-ikutan dan labil. Apa yang dicita-citakan melalui digitalisasi ini untuk meningkatkan daya kemampuan anak, wawasan anak, kecerdasan anak," ujarnya.

Sementara itu, Bunda Paud Kota Cilegon Hany Seviatry mejelaskan, dengan adanya pemahaman ini, diharapkan orangtua dapat memahami keterbatasan penggunaan gadget dalam pembelajaran.

"Memberikan pemahaman kepada orangtua bahwa mereka bisa memberi waktu bahwa untuk memakai gadget jangan dikasih semuanya. Tapi ada waktu waktu tertentu saja. Salah satunya ini dengan parenting gitu," ungkap istri Wali Kota Cilegon Helldy Agustian itu.

Di tempat yang sama, salah satu wali murid Marjenah (38) mengaku, saat ini internet sering digunakan untuk metode pembelajaran di rumah. Sehingga dirinya perlu memberikan pengawasan setiap saat.

"Waktu daring pakai HP, sekarang juga kalau ada tugas dari grup atau cari di internet, jadi saya membatasi memakai HP itu," tuturnya. (*ADV)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar