News Breaking
Live
wb_sunny

Pemkot Cilegon Dukung Gerakan Koperasi Sehat

Pemkot Cilegon Dukung Gerakan Koperasi Sehat


SPIRITNEWS | CILEGON - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon terus melakukan pemberdayaan dan dukungan terhadap perkembangan koperasi. Perayaan HUT Koperasi ke 72 tingkat Kota Cilegon, dengan tema ‘Reformasi Total Koperasi, Di Era Revormasi Industri 4.0’ yang dilaksanakan di Krakatau Junction, Jumat (27/09).

Dalam perayaan HUT Koperasi ke-72 dilakukan pemberian penghargaan kepada Walikota Cilegon Edi Ariadi selaku pelopor gerakan koperasi sehat yang diberikan oleh ewan Koperasi Indonesia wilayah provinsi Banten Hj. Ratu Tatu Chasanah, dan juga penyerahan piagam penghargaan koperasi  berprestasi tingkat kota Cilegon, penyerahaan sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK), akta pendirian badan hukum koperasi serta penandatangan MoU antara Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UKM (PIWKU) dengan Cilegon Center Mall (CCM) sebagai mitra binaan dan pemasaran produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Walikota Cilegon Edi Ariyadi dalam kegiatan perayaan Hut Koperasi yang ke 72, mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Mikro Kecil dan Menengah (DKUMKM) Kota Cilegon.

“Saya selaku Walikota Cilegon, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Kecil kota cilegon beserta jajaran, yang telah bekerja keras meyelenggarakan acara “Peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kota Cilegon tahun 2019”, Sehingga dapat berlangsung dengan baik sebagaimana yang diharapkan,” ujar Edi dalam sambutan.

Ia menjelaskan tentang era Digitalisai dan Artifical inteligence yang mewarnai kehidupan indusrtri, serta memberikan sedikit pemaparan tentang tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian dan juga reformasi total yang telah dijalankan Kota Cilegon dalam beberapa tahun ini pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis.

"Karena itu insan koperasi disiapkan untuk mempunyai kreatifitas dan strategi bisnis, sudah saatnya koperasi memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan plat form E-commerce aplikasi retail online," jelasnya.


Diakhir sambutannya Edi berharap koperasi mampu mengatasi permasalahan internal khususnya kualitas SDM, kualitas Produksi, Pemasaran dan Permodalan.

"Dalam hal seperti kni maka koperasi mempunyai kewajiban untuk menyeleggarakan pendidikan bagi para anggota kedepannya sehingga Koperasi memiliki SDM yang berkualitas dan mampu memberikan kontibusi positif terhadap kemajuan koperasi," harapnya.

Selain itu, Supari selaku ketua pelaksana dalam sambutannya menuturkan Peringatan Hari Koperasi tingkat Kota Cilegon ini akan berlangsung seama 2 hari.

”Terhitung mulai 27 dan 28 September 2019  Yang mana kegiatan acara yaitu sunatan masal , lomba mewarnai , bakti sosial , parade musik dan pameran standar bazar yang di ikuti oleh kurang lebih 38 UMKM dan Koperasi di se- kota Cilegon  di harapkan koperasi di kota cilegon tetap maju tetap jaya mempunyai inovasi dan kreatifitas dikota Cilegon sehingga  dapat bersaing di luar sana bahkan sampai dengan ke mancanegara,” ungkapnya.

Diwawancarai setelah acara, Kepala Dinas Koperasi, Usah Mikro dan Kecil (UMK) Kota Cilegon Tatang Muftadi menegaskan ada nya mitra binaan gunanya membangun sinergisitas antara pelaku Koperasi serta UMKM dapat terjaga dengan baik dan saling bersinergi.

“Di dalam industri ada CSR ,kalau di kami ada nya mitra binaan gunanya membangun sinergisitas antara pelaku Koperasi serta UMKM dapat terjaga dengan baik dan saling bersinergi. Permasalahan pasti ada akan tetapi dengan 3 pilar, yaitu pilar pertama kesukarelaan keanggotaan, pilar kedua yaitu keterbukaan anggota dan profesionalisme pengurus ,dan pilar ketiga adanya dukungan manajemen dan modal awal dari anggota baik dari simpanan pokok, wajib, dan simpan pinjam,” tuturnya. (Rilis/Redaksi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar