News Breaking
Live
wb_sunny

Pemkot Cilegon Sinergikan JKN-KIS Untuk Kualitas Kesehatan

Pemkot Cilegon Sinergikan JKN-KIS Untuk Kualitas Kesehatan


Spiritnews.media (Cilegon) - Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Kesehatan Kota Cilegon mengadakan acara Forum Kemitraan Dengan Pemangku Kepentingan dengan tema Sinergi dalam Optimalisasi Mutu Pelayanan Kesehatan Program JKN-KIS di Wilayah Kota Cilegon Tahun 2022 bertempat di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon. Rabu, 06/07/2022.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Cilegon karena telah memfasilitasi kegiatan ini. "Mengawali sambutan ini, saya selaku Walikota Kota Cilegon memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kota Cilegon beserta seluruh jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan ini, begitu pula kepada seluruh stakeholder yang telah menjadi mitra Pemerintah dalam memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Cilegon dalam rangka memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mempercepat terwujudnya masyarakat yang sejahtera, serta dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kota Cilegon," tutur Helldy.

Lebih lanjut, Helldy menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Cilegon telah menandatangani kesepakatan bersama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang terkait optimalisasi program jaminan kesehatan di Kota Cilegon. "Saya sampaikan pada kesempatan hari ini bahwa Desember 2021 yang lalu, kita telah menandatangani kesepakatan bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan di Kota Cilegon," jelasnya.

"Hal ini sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam mencapai cakupan UHC (Universal Health Coverage) di Kota Cilegon, karena kesehatan adalah hak asasi manusia, dan merupakan pelayanan dasar setiap individu dan semua warga negara, masyarakat berhak mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik termasuk masyarakat miskin dan tidak mampu," sambung Helldy.

Helldy juga menegaskan bahwa konsep gotong royong semua tertolong menjadi poin penting. "Jadi, saya tegaskan bahwa konsep pelayanan ini, dengan gotong royong semua tertolong adalah menjadi poin penting, dengan cara berkolaborasi antara BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas, UHC harus terealisasi dengan baik," jelas Helldy dalam Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Kota Cilegon.

Dalam rangka mewujudkan Universal Health Coverage, Pemerintah Daerah Kota Cilegon melakukan Integrasi Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) guna terselenggaranya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Cilegon.

Sebagai tindak lanjut dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Cilegon dan mempercepat pencapaian tujuan program JKN-KIS yaitu membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan, maka perlu dilakukan optimalisasi program jaminan pelayanan kesehatan program jaminan kesehatan nasional meliputi 3 (tiga) aspek yaitu mutu pelayanan kesehatan, perluasan kepesertaan JKN-KIS dan peningkatan kolektibilitas iuran JKN-KIS.

Helldy juga mengatakan bahwa kesuksesan capaian 100% UHC perlu dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. "Untuk kesuksesan capaian 100% UHC dan pelaksanaan program JKN bagi seluruh masyarakat ini memerlukan keterlibatan semua pihak dan seluruh stakeholder lainnya, tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja," katanya.

Di akhir sambutannya, Helldy mengajak semua pihak untuk mendukung kesuksesan program UHC. "Mengakhiri sambutan ini, saya mengajak semua pihak untuk mendukung suksesnya program UHC sesuai dengan kapasitas kita masing-masing, Pemerintah melalui penyediaan sarana dan prasarana kesehatan yang lengkap dan berkualitas, para stakeholder melalui dukungan bantuan pembiayaan pembayaran premi, sedangkan BPJS dan unsur penyelenggara pelayanan kesehatan lainnya yaitu dengan meningkatkan mutu pelayanan, kemudahan memperoleh akses kesehatan, hospitality serta kenyamanan bagi masyarakat," katanya.

"Oleh karena itu, UHC harus terealisasi dengan baik serta harus ada sesuatu yang menjadi intisari dalam diskusi ini yaitu pelayanan kesehatan menjadi penting," pungkasnya.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar