News Breaking
Live
wb_sunny

Kota Cilegon Terpilih Jadi Rakorkomwil Apeksi di 2023

Kota Cilegon Terpilih Jadi Rakorkomwil Apeksi di 2023



SpiritNews.media (Cilegon) - Kota Cilegon terpilih sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah (Rakorkomwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wilayah III pada tahun 2023 mendatang. Cilegon menyingkirkan dua kandidat lainnya, yakni Kota Jakarta Pusat dan Kota Sukabumi. Jum'at, 22/07/2022

Terpilihnya Cilegon sebagai tuan rumah diputuskan melalui Rapat pleno Rakorkomwil III APEKSI di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (21/07).

"Dengan musyawarah mufakat, memutuskan Kota Cilegon sebagai tuan rumah Rakorkomwil tahun 2023 atau tahun depan," kata Arief Wismansyah, selaku ketua presidium sidang pada Rakorkomwil tersebut. 

Arief yang merupakan Wali Kota Tangerang mengaku sangat setuju ditunjuknya Cilegon sebagai tuan rumah menurutnya Kota Cilegon itu strategis, tidak jauh dari Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

"Kami dari Tangerang juga enggak perlu jauh-jauh, saya yakin Cilegon bisa," katanya. 

Ia juga menyinggung Kota Cilegon yang sudah berhasil mengelola sampah yang nantinya bisa di terapkan di Kota masing - masing.

"Kota ini mempunyai potensi yang bagus, kita belajar satu sama lain, seperti di Cilegon yang sudah berhasil dalam pengelolaan sampahnya, kita bisa belajar kesana untuk kota terapkan di kota kita masing-masing," ujarnya.

Dalam salah satu rekomendasi yang dibacakan, Arief meminta para Wali Kota se Komisariat III yang terdiri dari 25 Wali Kota, untuk berperan aktif dan saling berkolaborasi demi kemajuan Kotanya. "Pada pertemuan mendatang, baik yang berskala nasional maupun regional, kami harap para Wali Kota untuk hadir, " harapnya. 

Sementara itu, Wali kota Cilegon, Helldy Agustian, ia akan berupaya sebaik mungkin menyambut dan melayani kehadiran para Wali Kota lain.

"Insya Allah ditunjuknya Cilegon sebagai tuan rumah akan membawa banyak manfaat buat masyarakat kota Cilegon," ungkapnya. 

Bahkan, Helldy meyakini, digelarnya Rakorkomwil di Kota Baja akan membawa multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi. "Ada sekitar 25 wali kota akan hadir, kita asumsikan satu wali kota paling tidak membawa 20 orang, mulai dari penginapan, kuliner, UMKM hingga transportasi akan mendapatkan manfaat," jelasnya. 

Diketahui, Rakorkomwil III merupakan salah satu hajat para Wali Kota Apeksi Komisariat III. Organisasi ini membawahi sebanyak 25 wali kota di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Adapun Rakorkomwil sendiri akan membahas isu-isu terkini, terutama masalah-masalah yang dihadapi para wali kota di daerahnya. Hasil Rakorkomwil nantinya akan dibawa ke tingkat nasional untuk direkomendasi ke tingkat pusat. (red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar