News Breaking
Live
wb_sunny

Sanuji Resmikan Posko Pelayanan Arsip Keluarga

Sanuji Resmikan Posko Pelayanan Arsip Keluarga

 


 

SpiritNews.Media (Cilegon) - Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta membuka kegiatan sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Akibat Bencana Yang Berskala Kota yang berlokasi di Aula Kelurahan Masigit, Selasa (31/05).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon yang dirangkaikan dengan Penyematan Tanda Keanggotaan dan Peresmian Posko Pelayanan Arsip Keluarga (LASKAR) Kota Cilegon.

Sebelum membuka kegiatan sosialisasi, Wakil Walikota Cilegon, Sanuji Pentamarta menjelaskan bahwa arsip merupakan sumber informasi objektif yang menyangkut dalam berbagai bidang yaitu ekonomi sosial dan budaya. "Arsip sebagai informasi dan peristiwa yang terekam di dinamika kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," ucapnya.

"Selain itu, Arsip merupakan sumber informasi objektif yang menyangkut berbagai bidang seperti sosial, ekonomi, budaya, ilmu dan lainnya yang segala bentuk medianya merupakan memori korektif yang dapat meningkatkan kesadaran nasional serta mempertegas identitas dan jati diri bangsa indonesia," lanjutnya.

Lebih lanjut, Sanuji mengatakan jika arsip dapat dijadikan sebagai rujukan untuk memajukan daerah yang lebih baik. "Melalui arsip dapat dipelajari sebagai sejarah dalam kegagalan yang pernah dialami dan prestasi yang pernah diraih bangsa, sehingga dapat dijadikan sebagai rujukan untuk memajukan bangsa kedepannya," Ungkapnya.

"Lembaga kearsipan daerah merupakan badan publik untuk menyelenggarakan urusan pemerintah dalam bidang kearsipan yang berkewajiban untuk menyelenggarakan pelayanan publik kepada masyarakat agar supaya masyarakat dapat mengetahui tentang arsip - arsip yang terdapat di daerahnya," sambungnya.

Di akhir sambutannya, Sanuji menghimbau untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Cilegon. "Memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sangatlah penting, layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, hormat, sopan dan tanpa tekanan agar supaya masyarakat dapat merasa nyaman dan tidak menimbulkan keluhan yang dapat menimbulkan pemikiran negatif dari masyarakat terhadap pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan jika kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian DPAD Kota Cilegon terhadap masyarakat untuk melindungi data penting yang dimilikinya. "Dampak dari bencana sangat dapat dirasakan oleh berbagai pihak mulai dari instansi pemerintah, BUMN, perusahaan swasta dan juga keluarga sebagai entitas terkecil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.(red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar