News Breaking
Live
wb_sunny

Tingkatkan Taraf Ekonomi Warga, Kecamatan Jombang Ajak Tanam Buah Di Pekarangan Rumah

Tingkatkan Taraf Ekonomi Warga, Kecamatan Jombang Ajak Tanam Buah Di Pekarangan Rumah

 


SpiritNews.media (Cilegon) - Kecamatan Jombang membuat kampung wisata buah anggur yang berlokasi di lingkungan Jombang Wetan dan lingkungan Kampung Baru. Kamis, (09/12).

Kasi Ekbang di Kecamatan Jombang, Didin Muhyidin, mengatakan pembentukan kawasan atau kampung wisata buah anggur itu bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi warga, terutama di masa pandemi, serta untuk menjadi wisata Domestik lebih besar lagi kedepannya.

"Awalnya Pak Camat menugaskan saya untuk mencari lahan di sekitar perkampungan kecamatan Jombang, tapi karna walayahnya sudah termasuk perkotaan sehingga tidak memungkin untuk pertanian soalnya sebentar lagi habis untuk di jadikan lahan pemukiman, maka dari itu kami mengajak para kader serta sebagian besar masyarakat di kecamatan jombang untuk membuat kampung Anggur," terangnya.

Ia menuturkan, program kampung wisata buah tersebut saat ini hanya terfokus di dua lingkungan sebagai bentuk percontohan terlebih dahulu.

"Untuk sementara ini kami fokuskan untuk dua lingkungan untuk percontohan yaitu lingkungan Jombang wetan dan Lingkungan kampung baru, kamipun sudah memberikan bibit buah anggur sebanyak 70 buah bibit dan di bagikan untuk 50 bibit ke pegantungan baru dan yang 20 bibit di lingkungan jombang wetan," jelasnya.

Tanaman buah anggur itu, lanjut Didin, nantinya akan di tanam di masing rumah, sehingga membentuk lorong masuk ke halaman rumah tersebut.

Didin menuturkan, program tanam anggur tersebut bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Cilegon, serta dukungan dari pemilik Rumah Makan Sari Kuring Indah (SKI).

"Kami juga mendapatkan dukungan dari pak Fredy pemilik rumah makan SKI (Sari Kuring Indah) kebetulan inspirasi ini datanganya dari beliau, pak Fredy pun ikut turun ke lapangan untuk melakukan pembinaan dalam bentuk pelatihan kepada warga tentang bagaimana cara merawat anggur," terangnya. (red/Wahyu)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar