News Breaking
Live
wb_sunny

Harga Cabai Merah di Pariaman Naik

Harga Cabai Merah di Pariaman Naik


Kota Pariaman - Harga cabai merah di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) naik menjelang Ramadhan dari Rp33 ribu per kilogram menjadi Rp48 ribu per kilogram akibat cuaca buruk yang melanda Sumbar.

Harga cabai naik, kalau komoditas lainnya relatif stabil, ”kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Kota Pariaman, Minggu (11/04/2021).

Ia mengatakan, cabai di Kota Pariaman tidak saja berasal dari luar Sumbar namun juga dalam provinsi, namun dalam pekan terakhir mengalami cuaca tidak menentukan sehingga memengaruhi harga cabai di pasaran.

Gusniyetti menyampaikan, untuk komoditas lainnya terpantau masih stabil, antara lain minyak goreng curah Rp14 ribu per kilogram, minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter.

Lalu gula Rp13 ribu per kilogram, cabai rawit Rp42 ribu per kilogram, cabai hijau Rp40 per kilogram, bawang merah Rp29 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp25 ribu per kilogram.

Selanjutnya daging sapi Rp130 ​​ribu per kilogram, daging ayam Rp25 per kilogram, daging ayam kampung Rp50 ribu per kilogram, beras 42 Pariaman Rp12 ribu per kilogram, dan beras cisokan solok Rp15 ribu per kilogram.

Beras jenis anak daro berikutnya Rp12 ribu per kilogram, beras jenis sokan Pariaman Rp13 ribu per kilogram, telur ayam ras Rp19 ribu per kilogram, telur ayam kampung Rp33 ribu per kilogram, dan kacang hijau Rp29 ribu per kilogram.

Untuk harga kacang tanah Rp28 ribu per kilogram, tepung dari Rp7 ribu hingga Rp8,5 ribu per kilogram tergantung jenisnya, garam halus Rp7 ribu per kilogram sedangkan garam kasar Rp5 ribu per kilogram.

Sebelumnya harga cabai merah di sejumlah pasar di Kota Pariaman Sumatera Barat mengalami fluktuasi menjelang libur Natal 2020, dan tahun baru 2021 diakibatkan cuaca yang tidak menentu. 

"Faktor fluktuasinya bukan karena Natal, sebab di Pariaman tidak ada non muslim sehingga tidak ada Anugerah, ini diakibatkan oleh cuaca," kata Gusniyetti.

Ia menyebutkan pada tiga minggu lalu, harga cabai di Pariaman rata-rata mencapai Rp45 ribu per kilogram, dua minggu lalu naik menjadi Rp52 ribu per kilogram, lalu minggu kemarin turun menjadi Rp48 ribu per kilogram, dan pada minggu ini menjadi Rp60 ribu per kilogram. (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar