News Breaking
Live
wb_sunny

Pemprov DKI Menggelar Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dosis Kedua

Pemprov DKI Menggelar Penyuntikan Vaksin COVID-19 Dosis Kedua


Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan  penyuntikan dosis kedua dalam Gerakan Vaksinasi COVID-19 di Pendopo Balai Kota Jakarta, Jumat (29/1/2021) pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Penyuntikan dosis kedua itu, melengkapi penyuntikan dosis pertama yang dilakukan pada 15 Januari 2021. Seperti diketahui, Vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac harus disuntikkan dua kali, masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari.

Penyuntikan kedua vaksin COVID-19 ini, diberikan kepada perwakilan 3 kelompok sasaran, yakni: pejabat publik (tingkat Provinsi selain Gubernur dan Wakil Gubernur), organisasi profesi tenaga kesehatan, dan tokoh masyarakat lain (pemuka agama dan kelompok lain), dengan total sebanyak 21 orang perwakilan, yang disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

"Hari ini, saya mewakili Pak Gubernur melihat pelaksanaan vaksin dosis kedua yang diberikan kepada para tokoh. Alhamdulillah, DKI Jakarta sudah mendapatkan 240.000 dosis vaksin. Pada tanggal 14-15 Januari kami sudah memulai vaksinasi di seluruh wilayah Jakarta. Di puskesmas, rumah sakit daerah, dan faskes lainnya," kata Wagub Ariza.

Vaksinasi diharapkan efektif mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. "Tadi saya juga tanya kepada para tokoh agama, pemerintahan, Forkopimda, dan masyarakat. Tidak ada gejala serius. Mudah-mudahan vaksinasi berlangsung dengan baik, cepat selesai," ucap  Wagub Ariza.

Untuk diketahui, berdasarkan data Dinkes Provinsi DKI Jakarta, sejumlah perwakilan yang mendapatkan dosis pertama pada dua minggu lalu telah memenuhi syarat divaksinasi kembali untuk dosis kedua. Berikut nama peserta vaksinasi dosis kedua hari ini:

1. Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Supardi

2. Kapendam Jaya Letkol, Arh. Herwin Budi Saputra

3. Asperkeu Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati

4. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti

5. Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko

6. Asintel Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Teuku Rahman

7. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jaya, dr. Fery Rahman

8. Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Jaya, dr. Suzy Maria, SpPD, K-AI

9. Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) DKI Jakarta, dr. Erlina Burhan, SpP

10. Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI Jaya), dr. Triana Darmayanti, SpA

11. Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis

12. Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia Cabang DKI Jakarta (PERDATIN Jaya), dr. Aldy Heriwardito, SpAn-KAKV

13. Dewan Pengurus Wilayah Persatuan

14. Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI), Ns. Jajang Rahmat

15. Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) DKI

Jakarta, Lily Anggraeni

16. Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) DKI Jakarta, Liem Liliany Lontoh

Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) DKI Jakarta, I. Gede Adi Adiyana

17. Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta, Syamsul Ma'arif

18. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta, Dwi Arya Kusuma

19. Ketua Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) wilayah DKI Jakarta, Frida Yulianita

20. Ketua Bidang Ekonomi Umat MUI DKI Jakarta, Robi Nurhadi

21. Keuskupan Agung Jakarta, Fransiskus Dwikoco

22. Ketua Komda PP KIPI Provinsi DKI Jakarta, Ellen Sianipar.

Adapun alur vaksinasi sama seperti pada penyuntikan dosis pertama, yaitu dimulai dari meja registrasi untuk validasi dan verifikasi data, meja kedua untuk penapisan kesehatan dengan wawancara dan pengisian form pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, pemberian edukasi kepada peserta vaksinasi, kemudian berpindah ke meja vaksinasi dan selanjutnya ke meja observasi dan pencatatan pelaporan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta beserta segenap unsur masyarakat siap mensukseskan penyelenggaraan Vaksinasi COVID-19. Pada pelaksanaan vaksinasi ini, untuk tahap pertama diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai garda terdepan penanggulangan COVID-19 dengan jumlah target sasaran sebanyak 131.000 orang, dan pelaksanaannya telah dimulai sejak Kamis tanggal 14 Januari 2021.

Sampai saat ini yang telah mendapatkan dosis pertama berjumlah 53.210 orang dan dosis kedua berjumlah 2.449 orang. Diharapkan untuk tahap pertama ini dapat selesai di bulan Februari 2021. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan sebanyak 508 fasilitas kesehatan pelayanan vaksinasi COVID-19 yang tersebar di 6 wilayah kota dan kabupaten, serta 1.648 tenaga vaksinator yang terlatih.

Pesan yang sangat penting untuk seluruh warga di DKI Jakarta adalah vaksinasi COVID-19 adalah ikhtiar bersama untuk mengakhiri pandemi COVID-19 namun tetap perlu menerapkan  protokol kesehatan serta melaksanakan Gerakan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dan menjaga jarak, serta menghindari kerumunan. (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar