News Breaking
Live
wb_sunny

Di Duga Ada ASN Dalam Deklarasi Iye-Awab, Kadis Dindik: Sesuai Regulasi Yang Berlaku

Di Duga Ada ASN Dalam Deklarasi Iye-Awab, Kadis Dindik: Sesuai Regulasi Yang Berlaku


SpiritNews.media | (Cilegon) Dalam deklarasi Pasangan Calon Iye-Awab yang digelar di The Royale Krakatau pada Minggu (30/08) kemarin, terhilat di duga ada seorang ASN  Cilegon berprofesi yang ikut dalam acara Deklarasi tersebut. Senin, 31/08/2020.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, beberapa ASN yang hadir dalam deklarasi itu merupakan istri dari para politisi partai yang mengusung Iye-Awab di Pilkada Cilegon.


Saat di konfirmasi ke Kepala Dinas Pendidikan Cilegon, Ismatullah, sejauh ini belum mengetahui kebenarannya.


Namun dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk menghimbau serta melarang setiap ASN yang berprofesi sebagai guru untuk hadir dalam kegiatan politik setiap pasangan calon yang akan maju di Pilkada Cilegon.


"Kita sudah sering melakukan upaya untuk menghimbau dan melarang kepada seluruh guru (ASN) di Cilegon untuk tidak terlibat atau hadir dalam kegiatan politik. Upaya itu sudah sering kita lakukan," ujarnya.


Kendati demikian, Ismatullah, menuturkan jika memang terbukti ada ASN yang terlibat dalam kegiatan politik dengan menghadiri deklarasi bakal calon walikota, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada regulasi yang berlaku.


"Kalau memang ada, yah kita serahkan kembali kepada aturan yang berlaku," pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Bawaslu Cilegon, Siswandi mengatakan, pihaknya saat ini tengah menelusuri dugaan adanya ASN (Guru) yang hadir pada deklarasi Iye-Awab tersebut


"Kita masih menelusuri, kalau itu diduga memang benar ASN, yah kita akan proses sesuai peraturan yang berlaku," katanya.


Ia juga menegaskan, terlepas ASN tersebut merupakan kerabat atau keluarga dari salah seorang politisi parpol, profesinya sebagai seorang ASN tetap melekat dalam kesehariannya.


Sehingga, seorang ASN harus menjaga netralitasnya untuk tidak mendukung atau hadir pada kegiatan politik salah satu bakal pasangan calon yang akan maju dalam kontestasi Pilkada.


"Oh iya, terlepas dia itu suami, istri, atau kerabatnya, sebagai ASN dia melekat dengan aturan undang-undang ASN," tuturnya. (A)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar