News Breaking
Live
wb_sunny

Dindik Kota Cilegon Siap Gelar O2SN Tingkat SD dan SMP Tahun 2024

Dindik Kota Cilegon Siap Gelar O2SN Tingkat SD dan SMP Tahun 2024

 

SpiritNews.Media (Cilegon) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon akan segera menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SD dan SMP pada 13 Mei 2024. 

 Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dindikbud Kota Cilegon Suhanda mengatakan, O2SN merupakan kompetisi olahraga yang baru kali pertama digelar Dindik setelah sebelumnya selalu digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). 

 "Makanya kita gandeng KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Cilegon, nanti KONI yang mengutus Pengcab (Pengurus Cabang) olahraga masing-masing yang kita lombakan," kata Suhanda, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis, 25 April 2024. 

 Menurut Suhanda, saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran secara online sampai dengan 30 April 2024. Peserta merupakan perwakilan dari masing-masing sekolah di Kota Cilegon. 

 "Sesuai juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis)-nya siswa yang terdaftar kalau untuk O2SN bukan utusan dari tingkat kecamatan. Yang ada adalah tingkat satuan masing-masing sekolah ikut lomba di tingkat kabupaten kota, lalu provinsi dan nasional," jelas Suhanda. 

 Hanya saja, kata dia, untuk tingkat SD, bila berdasarkan utusan masing-masing sekolah, proses perlombaannya terlalu banyak dan menghabiskan banyak waktu sehingga untuk tingkat SD, pihaknya meminta Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) menggelar seleksi di tingkat kecamatan. 

 "Khusus cabor atletik diseleksi di kecamatan. Sedangkan cabor lainnya nanti kita minta Pengcab untuk pendampingan. Mereka lebih paham teknik dan ilmunya untuk menggelar perlombaan dan penjurian," papar Suhanda. 

 Rencananya, kata Suhanda, akan ada enam cabor yang akan diperlombakan untuk tingkat SD. Antara lain atletik, senam, karate, pencak silat, bulu tangkis dan renang. Sedangkan tingkat SMP hanya lima cabor, yakni minus lomba senam. 

 "Untuk peserta kita target sebanyak-banyaknya, namanya juga O2SN, jadi semua siswa punya kesempatan yang sama untuk meraih prestasi.Tapi jumlah peserta nanti baru diketahui setelah tanggal 30 April setelah pendaftaran masuk ke masing-masing cabor," tambah Suhanda. 

 Sementara itu, Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila mengakui baru tahun ini di Dindikbud menggelar hajat O2SN meskipun selama ini kegiatan tersebut berada di bawah Kemendikbud Riset dan Teknologi. 

 "Oleh karena itu, kami perlu menggandeng KONI dan Pengcab agar secara teknis kegiatan dapat berjalan lancar. Tentu harapannya kegiatan ini dapat menjaring talenta-talenta muda yang akan menjadi utusan Kota Cilegon pada O2SN tingkat Provinsi Banten," tandasnya. 

 Diketahui, O2SN Kota Cilegon akan digelar pada 13 Mei 2024. Rencananya, untuk lomba renang dan bulu tangkis akan digelar di ASA Sport Center, atletik dan senam di Stadion Seruni, pencak silat dan karate di Aula SMPN 5 dan SMPN 7. (red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar