News Breaking
Live
wb_sunny

Kesra Setda Pemkot Cilegon Minta Setiap Kelurahan Dampingi Penginputan Data ODKM

Kesra Setda Pemkot Cilegon Minta Setiap Kelurahan Dampingi Penginputan Data ODKM


SpiritNews.Media (Cilegon) - Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemkot Cilegon meminta agar setiap kelurahan mendampingi penginputan data hibah maupun bantuan sosial di aplikasi e-hibah pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (0DKM).

Hal ini disampaikan Kabag Kesra Setda Kota Cilegon Rahmatullah usai kegiatan Sosialisasi e-hibah Bansos Lembaga Keagamaan Kota Cilegon Tahun 2023, di Kecamatan Purwakarta, Rabu 15 November 2023.

"Karena kita melihat yang namanya kepengurusan DKM terkadang belum terlalu paham tentang IT, gaptek. Makanya silahkan mengutus dari kecamatan dan kelurahan ada 2 orang," kata pria yang akrab disapa Aya, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon.

Menurutnya, penginputan data melalui aplikasi e-hibah dinilai belum maksimal. Untuk itu diharapkan pihak kecamatan dan kelurahan di Kota Cilegon untuk bisa mendampingi pengurus masjid di wilayah masing-masing.

"Tentu ada kesulitan, makanya kita menyelenggarakan ini sebagai upaya dan ikhtiar untuk memaksimalkan wawasan tentang e-hibah," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya aplikasi e-hibah seluruh proses penyelenggaraan hibah dan bantuan sosial seperti kelembagaan yayasan, pesantren, dan mushola bisa dipertanggungjawabkan secara terbuka.

"E-hibah ini untuk memohonkan bantuan hibah kepada Pemerintah Kota Cilegon, dalam hal ini pemerintah menyiapkan aplikasi e-hibah agar secara umum keterbukaan publik bisa melihat," jelasnya.

Berkat upaya sosialisasi dan pendampingan kepada pengurus DKM, kata Aya, pada tahun ini pengurus DKM yang mengajukan e-hibah mencapai 76 masjid dan mushola. "Jauh dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 43 DKM," ungkapnya.

Sementara itu, Camat Purwakarta Suadillah mengatakan, ke depan akan berkoordinasi dengan para lurah untuk membantu sepenuhnya kepada para pengurus DKM yang membutuhkan bantuan penginputan e-hibah Bansos.

"Ada yang memahami, ada yang mampu, ada yang kurang juga  untuk memaksimalkan program ini bisa terserap saya mengharuskan lurah dan jajarannya membantu," ungkapnya. (red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar