News Breaking
Live
wb_sunny

PELUANG POTENSI INVESTASI KOTA CILEGON

PELUANG POTENSI INVESTASI KOTA CILEGON

 

Presiden RI Joko Widodo Salaman Dengan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian
SpiritNews.Media (Cilegon) Kota Cilegon sebagai daerah tujuan investasi dengan tingkat pertumbuhan investasi yang tiap Tahunnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi dari daerah lain di Provinsi Banten. 

Investasi yang didominasi oleh perusahaan penanaman modal asing (PMA) dan Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebagian besar berasal dari negara Amerika Serikat, Singapura, Prancis, Jepang, Australia, Jerman, Inggris, Argentina, Austria dan Korea.

Letak geografis Kota Cilegon yang strategis memberikan nilai tambah di mata investor asing maupun dalam negeri. Akses jalur darat, laut dan udara yang mendukung dalam proses distribusi baik pengiriman bahan baku dan barang jadi menjadi suatu tolak ukur dalam perencaan investasi dalam menetapakan lokasi proyek investasi yang dapat memberikan nilai ekonomis penurunan biaya transportasi dan penyediaan kebutuhan bahan baku serta pengiriman barang jadi secara just in time.

Selain itu iklim usaha yang kondusif serta dukungan Pemerintah Kota Cilegon terhadap perkembangan industri skala besar memberikan nilai positif dalam berinvestasi di Kota CIlegon. Dari banyaknya investasi di Kota Cilegon sebagian besar bidang usahanya dibidang petrokimia, besi dan baja, serta jasa usaha lainnya yang masih berpeluang untuk dikembangkan, sebaran investasi sepanjang garis pantai Ciwandan hingga Pulorida

Sebagian besar adalah jasa penimbunan tanki kimia (Tank Oil), sehingga beberapa perusahaan mempunyai pelabuhan khusus untuk mendukung kegiatan industri dalam bongkar muat,sehingga peluang investasi di Kota Cilegon masih terbuka lebar dan menjanjikan keuntungan yang berkesinambungan berjalan dengan seiringnya perkembangan industri, jasa, serta perdagangan di Kota Cilegon. 

Kota Cilegon dengan infrastruktur pendukung investasi ditunjang oleh keberadaan perusahaan dalam negeri dan luar negeri masih populer untuk kegiatan investasi, dan ini merupakan suatu indikator bahwa Kota Cilegon masih kondusif dan nyaman sebagai daerah tujuan investasi dengan pertumbuhan investasi yang signifikan. 

Kota Cilegon dengan luas lahan 17.550 Ha (175,50 Km2) tetapi ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta letak geografis yang sangat strategis dengan jarak tempuh dari Ibukota Jakarta ± 120 Km, perjalanan selama 2 jam tentunya melalui akses jalan tol,Kota Cilegon tumbuh dan berkembang menjadi sentral kawasan industri yang ditunjang oleh berbagai infrastruktur pendukung kegiatan investasi, diantaranya sebagai berikut; 

Kawasan Industrial,Kawasan Pelabuhan,Tenaga Listrik ( Power Plant),SuplayAir,Perbankan,dan Perumahan.Potensi industri besar (IB) di Kota Cilegon sebagian besar usahanya di bidang petrokimia, besi dan baja serta jasa lainnya yang masih berpeluang untuk dikembangkan. 

Sebaran industri berada sepanjang garis pantai Ciwandan hingga Pulorida, sebagian adalah jasa penimbunan tangki kimia (Tank Oil), sehingga beberapa perusahaan mempunyai pelabuhan khusus untuk mendukung kegiatan industri dalam bongkar muat. Keberadaan PT.Krakatau Steel dengan didukung oleh unit badan usaha lainnya seperti Krakatau Industrial Estate, Krakatau Bandar Samudra, Krakatau Tirta Industri, Krakatau Daya Listrik, Krakatau Enggineering, Krakatau Wijatama, Krakatau Informasi teknologi, KHI Pipe Industri, dimana seluruh anak perusahaan PT Krakatau Steel tersebut turut berperan memberikan dampak positif terhadap daya tarik investasi berbagai usaha di Kota Cilegon.

Dalam upaya untuk memudahkan pelayanan kepada para pelaku usaha di Kota Cilegon, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Penanaman Modal dan PTSP mendirikan Mal Pelayanan Publik sebagai inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada pelaku usaha yang berada di Kota Cilegon. 

PELUANG DAN POTENSI INVESTASI DI KOTA CILEGON

Kota cilegon sebagai daerah tujuan investasi memiliki daya tarik bagi investor dalam dan luar negeri, hal ini dapat dilihat dari tingginya minat investor saat ini yang menanamkan modalnya di kota Cilegon yang berasal dari USA, perancis, jepang, Australia, jerman, inggris, argentina, Austria dan korea. Keberadaan industri di Kota Cilegon baik dalam rangka penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri berdampak multiplier effect baik dalam pertumbuhan ekonomi kota Cilegon maupun penyerapan tenaga kerja dan sector lainnya, sehingga Kota Cilegon masih menjadi primadona sebagai daerah tujuan investasi karena didukung oleh berbagai faktor sarana dan infrasturuktur investasi.

Kota cilegon dengan luas lahan 17.550 Ha (175,50 Km2) yang ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai serta letak geografis yang sangat strategis dengan jarak tempuh dari ibukota Jakarta ± 120 Km. Kota Cilegon sebagai pintu gerbang Pulau Jawa dan Sumatera serta memiliki garis pantai sepanjang 17 Km serta didukung oleh pelabuhan bertaraf internasional dan adanya pelabuhan khusus serta beberapa kawasan industry menjadikan kota Cilegon sebagai daerah tujuan invesatasi yang menarik bagi calon investor.

Adapun kebijakan pemerintah Kota Cilegon dalam bidang ekonomi yang mendukung terhadap pengembangan investasi diantaranya adalah:

1. Peningkatan daya saing yang kompetitif berbasis sumber daya dengan prioritas pada sektor industri kecil dan menengah (IKM).

2. Membudayakan program kemitraan antar pelaku ekonomi berdasarkan prinsip pola kemitraan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

3. Menjadi fasilitator bagi pengembangan ekonomi daerah dan mendorong assosiasi-assosiasi usaha lebih berdaya dan mandiri.

4. Bersama kalangan dunia usaha berinovasi dan berprakarsa bagi penciptaan peluang usaha baru, pengembangan baik skala lokal maupun regional.

5. Menciptakan iklim investasi yang kondusif dengan menyediakan pusat pelayanan terpadu atau Mal Pelayanan Publik ( MPP ) Merubah paradigma lama birokrasi lama birokrasi pemerintahan menuju entrepreneurship birokrasi atau re-inventing government. 

Selain iklim usaha yang kondusif serta dukungan Pemerintah Kota Cilegon terhadap perkembangan industri sekaligus akan memberikan nilai positif dalam berinvestasi untuk sektor lainnya di Kota Cilegon.

Secara umum peluang investasi di Kota Cilegon, terbagi kedalam 3 (tiga) 

kelompok, yaitu :

1.Peluang Investasi Berbasis Kawasan Kelompokpotensi dan peluang investasi berbasis kawasan yang dimaksud adalah potensi dan peluang investasi yang menjadi kompetensi dan lokus bisnisnya berbentuk kawasan perekonomian, seperti ; kawasan pariwisata, kawasan industri, kawasan pertanian, kawasan perdagangan dan jasa, dsb.

2. Peluang Investasi Berbasis Komoditas/Produk kelompok potensi dan peluang investasi berbasis komoditas/produk yang dimaksud adalah potensi dan peluang investasi yang menjadi kompetensi dan lokus bisnisnya berbentuk komoditas/produk, seperti ; ekonomi kreatif, komoditas perikanan, peternakan dan pertanian, makanan dan minuman, dsb.

3. Peluang Investasi dibidang infrastruktur

Bidang infrastruktur yang dapat dijadikan sebagai dasar bagi pegembangan investasi, antara lain ; jalan tol, sarana tranportasi masa (LRT), rumah sakit, infrastruktur sanitasi, dsb.

Berdasarkan potensi perekonomian yang ada di Kota Cilegon saat ini, maka terdapat beberapa peluang pengembangan investasi di Kota Cilegon, diantaranya yaitu untuk pengembangan industri dan pelabuhan, pengembangan perumahan, pengembangan perdagangan dan jasa, pengembangan pariwisata, dan pengembangan agribisnis.

Untuk memudahkan pelayanan perizinan pelaku usaha di kota cilegon, 

Dinas Penanaman Modal dan PTSP kota cilegon membentuk Mal Pelayanan Publik ( MPP ) untuk memudahkan pelaku usaha mengurus dan berkordinasi terkait perijinan.(ADV).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar