News Breaking
Live
wb_sunny

Kajian Akademik Usulan Pahlawan Nasional Pejuang Geger Cilegon Rampung, Kini Dindik Proses di Kemensos RI

Kajian Akademik Usulan Pahlawan Nasional Pejuang Geger Cilegon Rampung, Kini Dindik Proses di Kemensos RI

Spiritnews.Media (Cilegon) -  Progres usulan dua nama Pejuang Geger Cilegon sebagai Pahlawan Nasional kini tengah memasuki babak baru. Setelah kajian akademik rampung dilakukan, kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Cilegon tengah fokus melakukan proses usulan di Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI). Kedua tokoh Pejuang Geger Cilegon dimaksud adalah KH Wasyid dan KH Arsyad Thawil.

“Ada dua tokoh yang tengah kita usulkan sebagai Pahlawan Nasional, yaitu KH Wasyid dan KH Arsyad Thawil,” kata Kepala Dindikbud Kota Cilegon Heni Anita Susila saat ditemui di Halaman Kantor Wali Kota Cilegon sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Rabu 16 Agustus 2023.

Dijelaskan Heni, pihaknya telah selesai melakukan kajian akademik atas usulan Pahlawan Nasional untuk kedua tokoh Pejuang Geger Cilegon tersebut bersama akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Hal itu dilakukan, untuk mengukur dan menentukan kelayakan usulan menjadi Pahlawan Nasional. 

"Itu sudah selesai kajiannya, sudah beres, berkas-berkasnya sudah dan dokumennya juga sudah. Ini sedang kita usulkan ke Kementerian Sosial RI,” jelasnya.

Menurut Heni, alasan diusulkannya kedua nama tokoh tersebut sebagai Pahlawan Nasional, karena keduanya merupakan para pejuang Geger Cilegon yang secara referensi memiliki jejak sejarah. “Mereka (KH Wasyid dan Arsyad Thawil-red) adalah pejuang-pejuang Geger Cilegon yang secara referensi jejak sejarahnya ada,” tuturnya.
Dalam hal ini, Heni berharap agar kedua nama tokoh tersebut bisa diterima dan segera ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. “Mudah-mudahan bisa diterima, karena kan antrinya lama. Kalau tidak bisa tahun ini (2023-red), kita ajukan tahun depan (2024-red),” harapnya. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar