News Breaking
Live
wb_sunny

Pemudik Diimbau Cegah Potensi Kebakaran

Pemudik Diimbau Cegah Potensi Kebakaran



SpiritNews.media, (Cilegon) -  Bagi masyarakat Kota Cilegon yang akan melakukan mudik ke kampung halaman atau ke rumah sanak saudara menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah diimbau untuk memperhatikan dan mengantisipasi potensi kebakaran saat akan meninggalkan rumah. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran akibat kelalaian.

“Kami menghimbau kepada para pemudik agar meninggalkan rumah dalam kondisi yang benar-benar aman, terutama dari potensi terjadinya musibah kebakaran,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon Damanhuri pada Selasa, (11/4).

Menurut Damanhuri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pemudik sebelum meninggalkan rumah, diantaranya periksa dan bersihkan selang kompor secara berkala, gunakan regulator kompor gas berstandar SNI, hindari membuang puntung rokok sembarangan, gunakan peralatan listrik yang berstandar SNI, hindari penggunaan listrik yang melebihi daya atau beban dan jauhkan obat nyamuk bakar atau lilin dari barang yang mudah terbakar. “Selain itu, kita perlu memahami karakteristik bahaya kebakaran di lingkungan masing-masing, terutama bahan-bahan yang mudah menimbulkan kebakaran seperti kompor gas, listrik, bensin, kembang api, bakar sampah atau lainnya,” tutur Damanhuri.

Sementara itu, Damanhuri menjelaskan bahwa beberapa langkah yang perlu dilakukan jika terjadi bencana kebakaran adalah segera menghubungi tim pemadam kebakaran Kota Cilegon melalui sambungan telepon (0254) 377 113 atau 571112. “Jika terjadi kebakaran diupayakan jangan panik, segera berteriak minta tolong, lakukan pemadaman dengan alat yang dapat menutup benda yang terbakar seperti selimut basah atau APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

 Apabila kebakaran akibat arus pendek listrik, segera matikan sumber listrik,” jelas Damanhuri seraya mengatakan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat himbauan pencegahan kebakaran kepada para camat dan lurah agar disampaikan kepada masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar