News Breaking
Live
wb_sunny

Pemerintah Kota Cilegon Mengadakan Shalat Idul Adha 1443 H di Alun-Alun Cilegon

Pemerintah Kota Cilegon Mengadakan Shalat Idul Adha 1443 H di Alun-Alun Cilegon

SpiritNews.Media (Cilegon) - Pemerintah Kota Cilegon, melaksanakan Sholat Idul Adha 1443 H di Alun - Alun Kota Cilegon,Minggu ( 10/07/2022).

Helldy Agustian dalam sambutannya mengatakan bahwa perbedaan pelaksanaan Idul Adha tahun ini semoga tidak memecahbelahkan masyarakat Cilegon. "Pelaksanaan Shalat idul Adha tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, hal ini terkait penentuan 10 Dzulhijjah 1443 H, tapi tidak mengurangi rasa niat baik umat muslim untuk melakukan kebaikan berkurban, jangan sampai kita terpecah belah karena perbedaan ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy menganjurkan pelaksanaan Qurban mematuhi protokol kesehatan. "Tentu tahun ini juga kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, sama dengan 2 tahun sebelumnya, tentu saya menghimbau kepada jamaah shalat idul adha untuk nanti pelaksanaan berkurban sesuai dengan protokol kesehatan, hal ini sesuai dengan instruksi Pemerintah pusat terkait penanganan Covid-19," tuturnya. 

"Juga ada surat edaran dari Menteri Pertanian tentang pelaksanaan kurban dan pemotongan hewan dalam situasi wabah penyakit mulut dan kuku, tentu kita harus sama-sama mentaati agar kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan," sambung Helldy.

Pada kesempatan itu, Helldy menegaskan bahwa pelaksanaan shalat idul adha kali ini sudah dilakukan sterilisasi. "Alhamdulillah Pemkot Cilegon sudah melakukan kebersihan dan sterilisasi tempat pelaksanaan shalat idul adha ini dan BPBD juga sudah menyiapkan masker yang disediakan bagi jamaah yang tidak membawa masker, dan jamaah diharuskan membawa sajadah atas alas shalat masing masing," tegasnya. 

Lebih lanjut, Helldy juga menjelaskan bahwa ada anjuran berkurban di perayaan hari raya idul adha. "Hadirin pada hari ini kaum muslimin selain dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah dua rakaat juga dianjurkan melaksanakan kurban, anjuran berkurban ini bermula dari kisah Nabi Ibrahim AS dengan anaknya Nabi Ismail AS, tentunya kita bisa menjadikan ketauladanan nabi sebagai cara kita hidup sehari-hari," jelasnya. 

Pada perayaan Shalat idul adha tahun ini, Pemerintah kota Cilegon menghadirkan khatib, KH. Muktillah yang dalam khutbahnya berharap masyarakat kota Cilegon menjadi makmur seperti kisah Nabi Ibrahim AS. "Mudah-mudahan masyarakat kota Cilegon seperti nabi Ibrahim, yang dalam doanya membuat tanah arab saat itu menjadi makmur, ada kisah ketika istri Nabi Ibrahim berlari lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah yang kemudian mengeluarkan air," tuturnya. 

"Semoga kota Cilegon ini pemimpinnya diberkahi rakyatnya sejahtera dan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat," sambung KH. Muktillah. 

Hadir pada Shalat Idul Adha ini, Sekretaris Daerah kota Cilegon, Maman Maulidin, Asda I Pemerintah kota Cilegon, Pejabat Eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah kotq Cilegon, Unsur Forkopimda, perwakilan Perusahaan BUMN dan BUMD juga masyarakat Kota Cilegon.(red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar