News Breaking
Live
wb_sunny

Tinjau Potensi Ekonomi, GKR Mangkubumi Kunjungi Lereng Merapi

Tinjau Potensi Ekonomi, GKR Mangkubumi Kunjungi Lereng Merapi


Sleman - Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi didampingi Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, bertandang ke lereng Merapi, tepatnya di wilayah Kapanewon Cangkringan, guna meninjau potensi ekonomi terutama di bidang  pertanian, perkebunan dan peternakan,  Sabtu (9/10/2021).

Disambut langsung oleh Panewu Cangkringan, Djaka Sumarsono, kunjungan lapangan GKR Mangkubumi dimulai dari Teras Merapi di Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo,  Cangkringan. Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Klangon, Dusun Kalitengah Lor yang terdapat perkebunan stroberi.

Dalam kesempatan itu juga, GKR Mangkubumi beserta rombongan menyempatkan memetik buah stroberi didampingi KWT Kalitengah Lor.

“Selain hasil stroberi yang sudah dimiliki, warga hendaknya menanam juga jenis-jenis sayuran untuk bisa memasok di pasar modern atau supermarket,” imbu GKR Mangkubumi.

Hal tersebut, menurutnya, merupakan wujud diversifikasi pertanian agar dapat memberikan nilai tambah ekonomi masyarakat.

“Hampir 100 persen warga menanam tanaman Strawberry untuk mendukung agrowisata bukit Klangon,” ujar Sri Rahayu, salah satu anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Kalitengah Lor.

Rahayu menambahkan, warga Klangon sudah menanam sebanyak 40.000 dari target 50.000 tanaman stroberi. Diharapkan pada akhir bulan Desember dapat diresmikan Kampung Stoberi.

Kunjungan kemudian dilanjutkan menuju kawasan perkebunan kopi di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan.

Dalam kesempatan tersebut, Panewu Cangkringan melakukan penanaman bibit pohon kopi merapi disaksikan GKR Mangkubumi, Wakil Bupati Sleman, dan Asisten Sekretaris Daerah 2 Sleman beserta jajarannya di lahan perkebunan kopi salah satu petani warga Dusun Petung.

“Biji kopi kini dijual dalam bentuk kopi kering sehingga tinggi dan stabil harga jualnya, permintaan yang cukup tinggi hingga kewalahan memenuhi permintaan,” ujar Ketua Badan Permusyawarahan Kalurahan (BPKal) Kepuharjo.

Selain itu, tinjauan dari GKR Mangkubumi juga dilanjutkan ke hunian tetap (huntap) Pagerjurang, yaitu kawasan hunian korban terdampak erupsi Merapi dan lokasi peternakan sapi perah serta pengolahan susu di Dusun Kaliadem, Kepuharjo. (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar