News Breaking
Live
wb_sunny

Tetapkan Pola Hubungan Komunikasi Sandi Antar Perangkat Daerah, Diskominfotik Sumbar Kenalkan Aplikasi Selection

Tetapkan Pola Hubungan Komunikasi Sandi Antar Perangkat Daerah, Diskominfotik Sumbar Kenalkan Aplikasi Selection


SUMBAR - Dalam rangka menentukan jaring komunikasi sandi yang digunakan oleh pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas-tugas kepemerintahan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Sumbar menggelar rapat teknis, di Gedung Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Kamis (21/10/2021).

Kepala Dinas Kominfotik Sumbar diwakili oleh Kabid Siber dan Sandi Eko Faisal mengatakan, rapat teknis ini sekaligus menindaklanjuti SK Gubernur Sumbar Nomor 55-791-2021 tanggal 7 Oktober 2021 tentang pola hubungan komunikasi sandi (PHKS) antar perangkat daerah Provinsi Sumbar.

"Pelaksanaan PHKS di Provinsi Sumatera Barat menggunakan HT (Handly Talky), Aplikasi SUREK (Persuratan Elektronik) dan email dinas OPD. Pada rapat teknis kali ini membahas dan membicarakan teknis pengelolaan email dinas OPD," ujar Eko Faisal.

Dijelaskan Eko, untuk melaksanakan PHKS ini dibutuhkan pengelola email dinas OPD untuk mengerjakan pengiriman dan penerimaan surat secara elektronik. Tanpa adanya pegawai yang mengelola maka email dinas tidak akan efektif. Melalui kegiatan ini, peserta yang merupakan operator email dinas masing-maaing OPD diberikan pembekalan menggunakan email dinas dengan domain sumbarprov.go.id.

Selain itu, dalam kegiatan yang diikuti 60 peserta ini juga dikenalkan dengan aplikasi selection yang digunakan sebagai pengaman informasi yang dikirim dan diterima oleh dan untuk OPD. Aplikasi ini merupakan aplikasi enkripsi yang menggunakan kode-kode yang tersusun dinamis dan unik. 

"Jadi, OPD ketika akan mengirim informasi menggunakan email dinas harus terlebih dahulu dilakukan enkripsi terhadap file yang akan dikirim," jelas Eko.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi jumlah caraka sebagai pengantar dan pengirim surat di OPD. Selain itu, surat elektronik yang dikirim dan diterima akan cepat dan tepat sasaran.(Diskominfotik Sumbar)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar