News Breaking
Live
wb_sunny

Suhatri Bur: UMKM Perlu Digeliatkan untuk Tumbuhnya Perekonomian Masyarakat

Suhatri Bur: UMKM Perlu Digeliatkan untuk Tumbuhnya Perekonomian Masyarakat


Parit Malintang – UMKM perlu terus digeliatkan terlebih pada masa pandemi covid-19 demi tumbuhnya perekonomian dan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini diungkapkan Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, S.E.,M.M saat memberikan sekapur sirih pada acara Pembinaan dan Identifikasi oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Barat kepada UMKM Calon Peserta Temu Bisnis pada Selasa (14/09) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

“Dengan mulai menggeliatnya kembali UMKM yang ada, ini merupakan langkah baik untuk menunjang perekonomian di Kabupaten Padang Pariaman. Disamping itu, hal tersebut juga menunjang Visi Misi Bupati yakninya mewujudkan Padang Pariaman Berjaya yang salah satunya adalah dengan menghidupkan UMKM yang ada,” ungkap Suhatri Bur

Ia juga menambahkan dengan menggeliatnya kembali UMKM, juga berguna untuk mensejahterakan masyarakat sehingga perlu kiranya di era pandemi Covid-19 ini perlu digerakkan kembali untuk dapat berproduksi dan berkembang dan secara langsung meningkatkan perekonomian di Padang Pariaman. Bupati berharap dengan meningkatnya perekonomian akan berdampak kepada kemajuan daerah yang tidak terlepas dari peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan tumbuhnya UMKM.

Ketua Dekranasda Kabupaten Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur mengatakan berdasarkan data BPUM jumlah pelaku UMKM di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 4.851 yang tersebar di 17 Kecamatan dan 103 Nagari yang berkiprah dalam bidang usaha kerajinan.

“Pada kondisi saat ini kita masih diera pandemi Covid-19 yang sangat berdampak terhadap perekonomian, namun ini tidak menyurutkan langkah kami atas nama Dekranasda Padang Pariaman terus berupaya mengembangkan kerajinan di daerah Kabupaten Padang Pariaman agar Berjaya di masa depan, oleh karena itu dalam kegiatan pembinaan temu bisnis UMKM ini disamping pembinaan dalam pengembangan usaha UMKM , besar harapan kami sekiranya pelaku usaha kami dapat memenuhi kualifikasi menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru yang difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Barat dan Dekranasda Sumatra Barat agar produk usaha kerajinan Padang Pariaman dapat menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru hingga dibawa ke kancah Nasional dan Internasional.

Senada dengan itu Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Barat Hj. Harneli Mahyeldi dalam sambutannya mengatakan para pengrajin untuk saat ini pasti menginginkan banyak bazar, karena bazar merupakan kesempatan besar bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya dimana pasarannya dapat lebih luas

“Kami juga meminta kepada pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan peluang yang ada, terutama pada saat ini agar dapat memanfaatkan teknologi dan diharuskan para pelaku UMKM agar melek teknologi sehingga dapat mempromosikan produknya secara luas dan memasarkan secara online,”terangnya

Ia juga menambahkan semoga produk UMKM dari Padang Pariaman terpilih identifikasi menjadi peserta temu bisnis ke Pekanbaru hingga dibawa ke kancah Nasional dan Internasional, oleh karenanya perlu peningkatan produk baik itu dalam produksi barang hingga pengemasan yang menarik. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar