News Breaking
Live
wb_sunny

Sejumlah Orang Asing di Sumba Barat Daya Diperiksa Timpora

Sejumlah Orang Asing di Sumba Barat Daya Diperiksa Timpora


Tambolaka – Sejumlah orang asing yang berada di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur diperiksa oleh operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) SBD, Kamis (9/9/2021).

Adapun lokasi sasaran Operasi gabungan Timpora yakni Sumba Hospitality Foundation, Warung Gula Garam, Oro Beach Hotel dan Mario Hotel and Restauran.

Dasar hukum operasi gabungan pengawasan orang asing yaitu UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, Peraturan pemerintah Nomor 31 Tahun 2013 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 50 tahun 2016 tentang Timpora.

Dari hasil operasi gabungan Timpora yang terbagi atas 2 kelompok, diperoleh informasi dan data-data orang asing yang ada di SBD. Diperoleh data orang asing sebanyak 7 orang yang tersebar di Sumba Hospitality Foundation, Warung Gula Garam, Oro Beach Hotel dan Mario Hotel and Restauran.

Tujuh orang asing tersebut mempunyai data-data yang lengkap sebagai tenaga sukarelawan, pengusaha dan izin tinggal tetap di SBD karena almarhum ayahnya berkebangsaan Jerman dan ibunya berkebangsaan Indonesia (Flores).

Untuk diketahui Timpora SBD dibentuk pada 8 Ferbuari 2021 yang lalu dengan susunan pengurus, Penanggung jawab Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTT, Ketua Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kupang, Sekretaris Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kupang.

Anggotanya terdiri atas Kepala Kesbangpol SBD, Kadis Pariwisata SBD, Kadis Transmigrasi dan Ketenagakerjaan SBD, Kadis Kependudukan SBD, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu SBD, Kepala Kantor Kementerian Agama SBD, Pasi Intel Kodim 1629/SBD, Kasat Intelkam Polres SBD, Kasi Intelijen Kejari Sumba Barat, BASI TNI Sumba dan Agen Binda SBD.

Berdasarkan pemantauan, pelaksanaan operasi gabungan ini berjalan dengan lancar dan mendapat perhatian baik dari para orang asing yang diperiksa. Operasi gabungan ini sendiri untuk memastikan tidak ada orang asing yang masuk di SBD khususnya NTT pada umumnya yang mempunyai tujuan tidak baik dan memecah belah keutuhan NKRI. (MC.SBD/InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar