News Breaking
Live
wb_sunny

Bupati Jayapura: Persiapan PON Papua Capai 98 Persen

Bupati Jayapura: Persiapan PON Papua Capai 98 Persen


Jayapura - Bupati Jayapura sekaligus Ketua Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Papua, Mathius Awotiauw, menyatakan persiapan infrastruktur Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Klaster Kabupaten Jayapura sudah mencapai 98 persen.

"Kami sudah siap menggelar PON Papua yang akan dibuka lima hari lagi," kata Bupati Mathius dalam konferensi pers di Media Center Kominfo PON Papua Klaster Kabupaten Jayapura, pada Senin (27/9/2021).
 
Menurut Bupati Mathius, pihaknya sudah melakukan sinergi dan percepatan menjelang pembukaan PON pada 2 Oktober 2021 mendatang, "Sejumlah cabang olahraga telah berjalan dengan lancar," ujarnya.
 
Salah satu cabang olahraga yang sudah dipertandingkan yakni cricket  nomor super sixes tim cricket di Arena cricket Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.
 
Selain itu, Bupati Mathius menegaskan pihaknya akan menjalankan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat di ajang olahraga tersebut.
 
"Saat ini sekitar 57 persen penduduk Jayapura sudah menjalani vaksinasi, dan itu sudah cukup untuk persyaratan kapasitas maksimal 25 persen untuk menonton pertandingan PON," urainya.
 
Bupati Mathius mengungkapkan, pihaknya juga berupaya agar semua warga Papua dapat menonton pertandingan PON, "Saat ini sedang diupayakan agar vaksinasi di Kabupaten Jayapura mencapai kisaran 60 persen," katanya.
 
Sedangkan untuk akomodasi, Bupati Mathius menuturkan sejauh ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para atlet PON Papua, "Kita akan layani keperluan akomodasi atlet-atlet yang berlaga di PON Papua," tegasnya.
 
Dia menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua instansi yang mendukung persiapan PON Papua.
 
Kebutuhan akomodasi tamu di ajang PON Papua diperkirakan bakal sangat besar, yakni akan ada 21 ribu hingga 22 ribu tamu yang akan datang di event olahraga terbesar di tanah air tersebut.

Sebagian besar atau sekitar 65 persen kebutuhan akomodasi akan dipenuhi melalui losmen, maupun nonhotel yang dibangun setara bintang tiga.

Sebelumnya, Bupati Mathius mengatakan, untuk standar keamanan atlet PON Papua sudah diatur semua oleh pihak panitia yang terdiri dari unsur TNI, Polri, dan masyarakat.
 
"PON ini adalah pesta olahraga persaudaraan sesama anak bangsa dari seluruh suku dan daerah di seluruh Indonesia. Kita harus beri kesan bahwa ini adalah perhelatan persahabatan dan persaudaraan," katanya.
 
Di sisi lain, Komando Distrik Militer (Kodim) 1701 Jayapura mengerahkan sejumlah 1.500 personel pasukan untuk mengamankan penyelenggaraan PON Papua yang dilakukan baik sebelum, selama maupun sesudah PON berlangsung.  
 
PON Papua akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 2 Oktober 2021 di Stadiun Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua.
 
Ajang olahraga itu akan digelar di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke akan dilangsungkan pada 2-15 Oktober 2021.

PON  Papua akan  melibatkan 6.496 atlet dan sekitar 3.300 ofisial.

Terdapat 37 cabang olahraga pertandingan, 56 disiplin cabang olahraga, dan 679 nomor pertandingan atau perlombaan.

Kabupaten Jayapura  akan menggelar 22 cabang olahraga (cabor). (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar