News Breaking
Live
wb_sunny

UPT Damkar Banjar Evakuasi Bekantan Terjebak di Tempat Ibadah

UPT Damkar Banjar Evakuasi Bekantan Terjebak di Tempat Ibadah


Martapura – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin melakukan Kegiatan Animal Rescue upaya penyelamatan seekor Bekantan, di Jalan Kampung Baru desa Sungai Bakung RT. 01 Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalsel, Rabu (4/8/2021) malam.

Bekantan tersebut masuk ke dalam rumah ibadah dan menaiki bagian dalam kubah Masjid Al Kautsar, tetapi tidak bisa turun. Penyelamatan tersebut dilakukan UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar menurunkan tiga orang anggota berkoordinasi dan merespon laporan ke lokasi.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar Gusti Yudi, setelah menerima laporan dari warga, petugas berkoordinasi dengan pihak pengelola masjid Al-Kautsar dan disarankan untuk penanganan dilakukan setelah jemaah mesjid selesai salat Magrib.

“Pertolongan tersebut dilakukan oleh petugas UPT. Damkar Kabupaten Banjar dengan dibantu dokter hewan dari Banjarmasin untuk penyiapan obat bius dan kita sendiri bersama dengan BPBD Kota Banjarmasin menyiapkan jaring,” tuturnya.

Gusti Yudi menjelaskan, setelah persiapan sudah dilakukan, pihaknya menambahkan obat bius dengan alat tembak terhadap Bekantan yang menggantung di kubah Masjid dan menunggu dengan jaring di bawah untuk menyambut bekantan yang sudah dibius tersebut.

“Bekantan tersebut berhasil kita selamatkan dan kemudian dibawa ke klinik dokter hewan untuk pemeriksaan kondisi dan observasi selama 1×24 jam, apabila nanti bekantan dinyatakan dalam kondisi baik, maka selanjutnya akan diserahkan ke pihak BKSDA Kalimantan Selatan,” ungkap dia. (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar