News Breaking
Live
wb_sunny

Buka SYAFARI 2021, HD: Setiap Umat Islam Bertanggung Jawab Mensyiarkan Ekonomi Syariah

Buka SYAFARI 2021, HD: Setiap Umat Islam Bertanggung Jawab Mensyiarkan Ekonomi Syariah


Palembang - Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) didampingi Ketua TP PKK Prov. Sumsel, Hj. Febrita Lustia Herman Deru menghadiri dan membuka kegiatan SYAFARI (Syariah Festival Sriwijaya) 2021 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Arista Palembang, Kamis (22/7/2021).

Di kesempatan tersebut HD mengatakan bahwa BI yang memerankan diri sebagai akselator, inisiator, dan regulator dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia harus didukung oleh berbagai sektor agar kemajuan ekonomi syariah di Indonesia dapat terwujud.

"Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim yang terbesar didunia, sumsel juga merupakan mayoritas muslim akan tetapi ekonomi syariah tidak begitu berkembang disini. Hal ini terjadi dikarenakan kurangnya literasi yang kita berikan kepada masyarakat," ungkap HD.

Terkait hal tersebut HD meminta agar setiap muslim untuk bertanggung jawab menyebarkan dan mensosialisasikan pengetahuan tentang ekonomi syariah di kehidupan masyarakat.

"Sudah saatnya sekarang kita akan dengungkan bahwa ekonomi syariah merupakan ekonomi yang fleksibel tidak hanya menentukan halal dan haram saja, ekonomi syariah dapat masuk disemua sektor. Sudah menjadi tanggung jawab setiap muslim untuk mensyiarkannya," tegas HD.

Terkait dengan kegiatan SYAFARI yang diselenggarakan HD berharap semoga melalui festival ini, semua masyarakat dapat lebih mengenal apa itu ekonomi syariah serta mensosialisasikannya dan mengajak masyarakat lain untuk berpartisipasi dalam mengembangkan ekonomi syariah di Sumsel.

Selain itu HD juga berharap agar Bank - Bank yang termasuk dalam himpunan Bank Ekonomi Syariah Indonesia untuk dapat menerapakan tranparansi di setiap transaksinya serta gencar dalam mengedukasi dan mengenalkan ekonomi syariah kepada masyarakat agar ekonomi syariah dapat diterapkan pada kehidupan mereka.

"Di pola ekonomi apapun kita butuh transparansi, jangan sampai atas nama syariah kita menjadi tidak terbuka,"ucap HD.

Terkait dengan sertifikasi halal, HD meminta agar instansi terkait untuk lebih aktif dalam memberikan sertifikat halal kepada pelaku usaha khusunya UMKM.

"Untuk sertifikasi halal, lebih efisien jika kita dapat melakukannya dengan metode jemput bola agar pengusaha kecil dan pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi halal pada produk mereka", pinta HD.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BI Sumsel, Hari Widodo menjelaskan bahwa SYAFARI 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 23 Juli 2021 di Kota Palembang yang juga merupakan rangkaian kegiatan dari Road to FESyar Regional Sumatera tahun 2021 yang akan dilaksanakan di Pekanbaru Riau nanti.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari BI Sumsel dalam mendukung dan meningkatkan perkembangan ekonomi syariah di Sumsel,'ucap Hari.

Ia juga menyampaikan pada saat pelaksanaan SYAFARI 2021 akan diselenggarakan lomba-lomba di antaranya Tari kesenian Islami, lomba nasyid, dan lomba usaha ekonomi syariah dengan harapan dapat meningkatkan literasi ekonomi syariah, menyebarkan syiar ekonomi syariah dan mengembangkan ekonomi syariah di Sumsel.

Di kesempatan yang sama Kepala Departemen Regional Kantor Pusat Bank Indonesia, Soekowardojo secara virtual menyampaikan rasa apresiasinya terhadap kegiatan yang diselenggarakan oleh BI Sumsel.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah diselenggarakan oleh BI Sumsel dalam mengadakan kegiatan ini. Dan harapannya semoga dapat meningkatkan dan mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia dan berdampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat di Indonesia khususnya sumsel," ungkapnya.

Turut hadir Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel, Untung Nugroho, Karo Perekonomian, H. Afrian Joni., SE., M.M, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti, SE, MM. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar