News Breaking
Live
wb_sunny

Dibangun oleh Nelayan Indonesia sejak 200 Tahun Lalu, Inilah Desa Muslim yang Terapung di Thailand

Dibangun oleh Nelayan Indonesia sejak 200 Tahun Lalu, Inilah Desa Muslim yang Terapung di Thailand


Di sekitar Laut Andaman, tepatnya di lepas pantai Thailand selatan, berdiri sebuah desa terapung dengan mayoritas penduduk muslim. Namanya Ko Panyi. Desa ini dikenal sebagai ‘Moslem Village’ atau Desa Muslim di Thailand.

Ko Panyi atau Koh Panyee terdiri dari sekumpulan pulau kecil yang terletak sekitar 20 menit perjalanan dengan longtail boat dari dermaga Surakul di provinsi Phang Nga. Ada sekitar 1.600 orang dari 360 keluarga yang tinggal secara permanen di pulau itu. Semuanya adalah keturunan langsung atau tidak langsung dari Toh Baboo beserta keluarga dan teman-temannya.

Siapa sangka, Toh Baboo adalah warga Indonesia yang meninggalkan tanah air untuk mencari tempat tinggal baru hingga sampai ke Thailand. Pada masa itu, orang asing tidak dizinkan memiliki tanah di Thailand. Toh Baboo dan dua keluarga lainnya pun berlayar ke bagian utara Thailand untuk mencari tempat tinggal baru.

Mereka berlayar dari pulau Sumatera menyusuri garis pantai Malaysia menuju Laut Andaman hingga akhirnya sampai di perairan Thailand dan menemukan sebuah pulau yang terletak di Provinsi Phang Nga, Thailand.

Toh Baboo merupakan orang pertama yang menetap di Koh Panyee sekitar 200 tahun yang lalu. Dia dan teman-temannya bersumpah satu sama lain bahwa jika salah satu dari mereka menemukan tempat di mana ada banyak ikan dan di mana semua orang bisa hidup, mereka akan memberi isyarat kepada yang lain dengan mengibarkan bendera di gunung setinggi mungkin.

Toh Baboo menemukan Koh Panyee dan menepati janjinya, mengibarkan bendera di atas tebing yang menjulang tinggi. Begitulah pulau itu mendapat nama, Koh Panyee (juga ditulis sebagai Ko Panyi) – yang merupakan bahasa Thailand untuk ‘Pulau Bendera’.


Desa Koh Panyee

Koh Panyee sebagian besar terdiri dari tebing kapur besar dan hampir vertikal. Ratusan pondok, gubuk, restoran, dan rumah tempat tinggal penduduk desa dibangun di atas panggung di atas laut dangkal di sekitarnya. Tidak ada yang tampaknya yakin berapa banyak tumpukan kayu dan beton yang menopang komunitas luar biasa ini, tetapi ini jelas merupakan prestasi teknik informal yang menarik dan unik.

Desa ini memiliki sekolah, masjid, pusat kesehatan, banyak toko suvenir kecil, dan beberapa restoran besar yang menghadap ke Laut Andaman. Bahkan ada bungalow yang menawarkan akomodasi semalam. Yang patut dilihat adalah lapangan sepak bola terapung, yang dibangun oleh anak-anak desa menggunakan potongan-potongan kayu tua dan rakit pemancing. Itu membantu Panyee FC menjadi salah satu tim sepak bola yunior paling sukses di Thailand Selatan.


Komunitas Koh Panyee

Desa yang terletak di Provinsi Phang Nga, Thailand ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di kawasan tersebut karena keindahannya dan juga lokasinya yang berada di tengah laut. Hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin melihat secara langsung Desa Koh Panyee.

Ketika tiba di Koh Panyee, akan banyak pemandu muda yang ingin mengantar turis berkeliling rumahnya. Mereka sangat bangga memiliki listrik, koneksi internet, dan air yang tidak dikirim dari daratan.

Sebagai komunitas yang terisolasi, penduduk setempat sangat peduli terhadap lingkungan. Sekolah telah meluncurkan banyak proyek, termasuk program daur ulang – botol dan kaleng dikumpulkan dan dijual untuk kepentingan sekolah, sekaligus menjaga kebersihan desa. Para guru juga mendidik siswanya dalam bercocok tanam sayuran menggunakan hidroponik.

Jika berkunjung ke desa ini, turis perlu mengetahui satu hal bahwa tempat ini adalah rumah bagi komunitas Muslim di Thailand, jadi wanita tidak boleh mengenakan rok pendek atau celana pendek. T-shirt dan jeans bisa diterima, tetapi apa pun yang memperlihatkan terlalu banyak bagian tubuh (aurat) bisa berisiko menimbulkan sikap dingin dari penduduk setempat yang biasanya ramah.

Lokasi Koh Panyee, Muang, Phang-nga 82000, Thailand, bisa dicapai dengan menyewa longtail boat dari dermaga Surakul dengan biaya sekitar 1.700 baht (3 jam). Setiap perahu dapat membawa hingga 10 orang, yang bekerja hanya dengan 170 baht per orang dengan kapasitas penuh. Ada banyak tur bagus ke Koh Panyee yang mencakup penjemputan dari hotel. [IslamPos] SUMBER: HOTELS

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar