News Breaking
Live
wb_sunny

GERAK CEPAT PEMERINTAH EVAKUASI 9 RIBU WARGA ERUPSI GUNUNG RUANG

GERAK CEPAT PEMERINTAH EVAKUASI 9 RIBU WARGA ERUPSI GUNUNG RUANG

 


SpiritNews (Opini) - Erupsi Gunung Ruang mengeluarkan abu vulkanik yang menyebabkan 9.083 warga harus di evakuasi oleh pemerintah setempat sampai kamis 2 mei 2024 pengungsi 3.364 di evakuasi keluar dari Pulau Tagulandang untuk menghindari terjadi nya korban jiwa berjatuhan. Selasa, (7/5/2024)

Sementara masih ada 5.719 jiwa masih dalam proses evakuasi yang dilakukan secara bertahap oleh pemerintah. Kemudian akan di evakuasi secara menyeluruh sehingga terjamin keselamatan nya agar tidak ada korban jiwa yang berjatuhan serta timbul nya beberapa penyakit karena erupsi Gunung Ruang tersebut. 

Sebaiknya selama masa evakuasi atau dalam proses evakuasi para warga berinsiatif untuk melindungi diri  mereka sendiri dan keluarga dari bahaya nya abu vulkanik yang akan nanti nya berdampak buruk untuk kesehatan serta dapat membantu atau kooperatif dalam  proses evakuasi supaya memudahkan pemerintah dalam menjalankan evakuasi. 

Pada akhirnya abu vulkanik bisa berdampak serius pada lingkungan dan kesehatan warga setempat, baik dari gangguan pernafasan, memicu nya asma bagi penderita nya dan iritas pada mata. Bahkan ada dampak paling buruk dari abu vulkanik ini yaitu jika para warga menghirupnya akan mengakibatkan kematian. Sebab abu vulkanik ini mengandung silikosis halus yang sangat berbahaya bagi kesehatan. 

Namun ada beberapa cara untuk melindungin kesehatan diri kita dan keluarga dari bahaya abu vulkanik yaitu seperti menghindari keluar rumah jika tidak terlalu mendesak. Jika keluar rumah sebaiknya menggunakan masker yang sedikit dibasahi agar abu halus tidak terhirup nafas. Selain itu juga dapat menggunakan kaca mata dan pakaian yang menutup rapat seluruh tubuh untuk menghindari iritasi pada mata. Kemudian yang terakhir tutup semua makanan, air minum maupun air bersih agar tidak terkontaminasi dengan abu vulkanik. 


Tentunya jumlah warga yang belum dievakuasi jauh lebih banyak lagi. Akan tetapi ada beberapa hal yang menjadikan proses pengevakuasian berjalan dengan lancar dan baik seperti tersedia nya bantuan menggunakan beberapa armada kapal yang di sediakan pemerintah setempat. Akan tetapi dengan tersedia nya beberapa armada kapal perkiraan proses evakuasi bisa mencapai 3 hari bisa selesai sedangkan kita semua tidak mengetahui bahaya yang akan datang dari Erupsi Gunung Ruang tersebut. Seharusnya, pemerintah (terutama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bergerak cepat dan meminta bantuan ke beberapa instansi atau galang dana. Hal itu bertujuan agar proses evakuasi berjalan lebih cepat dan lancar hingga menghindari jatuhnya korban jiwa. 

Sumber Data

https://dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/merapi-merapi-erupsi-abu-vulkanik-abu-vulkanik-merapi-bahaya-abu-vulkanik#:~:text=Hindari%20keluar%20rumah%20jika%20tidak,tidak%20terkontaminasi%20dengan%20abu%20vulkanik. 

https://habari.id/waspada-dampak-abu-vulkanik-syafrudin-ajak-warga-gunakan-masker/#:~:text=Ia%20jelaskan%20abu%20vulkanik%20dampat,abu%20vulkanik%20mengandung%20silikosis%20halus. 

https://news.detik.com/berita/d-7322258/bnpb-upayakan-evakuasi-9-ribu-warga-imbas-erupsi-gunung-ruang 

https://nasional.tempo.co/read/1863450/pemerintah-akan-evakuasi-9-ribu-warga-imbas-erupsi-gunung-ruang 





Biodata Singkat

Nama : Anindia Alysa 

Profesi : Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Serang Raya 

Kontak : (anindiaalysa@gmail.com) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar