News Breaking
Live
wb_sunny

Kegiatan Yang Dilakukan Kantor Imigrasi Cilegon Pada Peringatan 78 Tahun Hari Dharma Karya Dhika

Kegiatan Yang Dilakukan Kantor Imigrasi Cilegon Pada Peringatan 78 Tahun Hari Dharma Karya Dhika

SpiritNews.Media (Cilegon) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Republik Indonesia genap berusia 78 tahun pada Sabtu (19/08/2023). Pada perayaan tahun ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI mengusung tema “Kementerian Hukum dan HAM Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.

“Tema yang diusung pada peringatan hari Kemenkumham tahun ini dapat dimaknai sebagai Upaya merefleksikan semangat kita, segenap insan pengayoman di seluruh Indonesia dalam memberikan pengabdian terbaik dari waktu ke waktu, yang diharapkan juga semakin berkualitas” Ungkap Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly pada Senin (21/08/2023).

Dalam peringatan ke 78 tahun Hari Dharma Karya Dhika, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk Masyarakat luas. Kepala Kantor Imigrasi Cilegon, Muhammad Deny Firmansyah mengatakan melalui momentum Hari Dharma Karya Dhika ini diharapkan seluruh jajaran ASN di Kemenkumham khusunya di Kantor Imigrasi Cilegon dapat memberikan pelayanan yang berkualitas untuk Masyarakat luas. Beberapa kegiatan dilakukan Kantor Imigrasi Cilegon selama peringatan Hari Dharma Karya Dhika di antaranya yakni layanan paspor merdeka, donor darah, tabur bunga, gowes sehat dan perlombaan tradisional.

Layanan Paspor Merdeka dan Launching Paspor Elektronik

Salah satu rangkaian Hari Dharma Karya Dhika ke-78 yang paling dinantikan oleh Masyarakat yaitu layanan keimigrasian di akhir pekan pekan (Sabtu-Minggu). Tahun ini Imigrasi mengusung tema Layanan Paspor Merdeka yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Agustus 2023 di Cilegon Center Mall. Layanan ini diberikan untuk menfasilitasi masyarakat yang hanya memiliki waktu di akhir pekan. Kantor Imigrasi Cilegon membuka kuota layanan sebanyak 78 permohonan setiap harinya untuk permohonan pembuatan paspor baru maupun penggantian paspor. Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut juga diselenggarakan Immigration Expo, dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi keimigrasian secara langsung dan juga launching layanan paspor elektronik di Kantor Imgrasi Cilegon. Paspor elektronik merupakan salah satu layanan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat di wilayah kota Cilegon, sehingga dapat memudahkan mereka untuk proses pembuatan paspor elektronik tanpa harus jauh-jauh ke Kota Serang ataupun Tangerang.  

Kegiatan Danor Darah

Kegiatan donor darah diselenggarakan pada hari Senin (7/8/2023) di Kantor Wilayah Kemenkumham Banten. Kegiatan yang bekerja sama dengan UDD Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, Tejo Harwanto. Tidak hanya diikuti oleh pegawai Kantor Imigrasi Cilegon melainkan juga pegawai pada unit pelaksana teknis lainnya di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Banten. Kepala Kantor Imigrasi Cilegon, Muhammad Deny Firmansyah ikut serta dalam kegiatan donor darah tersebut. Tercatat sebanyak 100 orang relawan yang terdaftar pada kegiatan tersebut, namun hanya 63 kantung darah yang berhasil didapatkan dengan kategori layak. Kegiatan donor darah menjadi wujud kontribusi positif dari pegawai Kantor Imigrasi Cilegon untuk berkontribusi aktif dalam membantu masyarakat yang membutuhkan juga sebagai bentuk partisipasi aktif dalam memeriahkan peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke-78.

Mendekati puncak acara peringatan Hari Dharma Karya Dhika ke 78, kepala kantor beserta pegawai Kantor Imigrasi Cilegon juga tak lupa memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjasa bagi bangsa dan negara. Kegiatan ziarah dan tabur bunga dipimpin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto, pada Rabu (9/8/2023) di Taman Makam Pahlawan Taruna Tangerang. Kegiatan ziarah dan tabur bunga diharapkan dapat menjadi pengingat bahwa pengabdian pada bangsa dan negara harus terus dilakukan dengan semaksimal untuk masyarakat luas.

Selain itu kantor Imgirasi Cilegon juga juga mengikuti kegiatan gowes sehat yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten pada Jumat (11/08/2023). Kegiatan gowes sehat dilaksanakan di Branchsto, Tangerang dengan menempuh jarak sejauh 10,36 Km. Imigrasi Cilegon Bersama Unit Pelaksana Teknis lainnya di wilayah Kanwil Kemenkumham Banten mengikuti kegiatan tersebut dengan melewati 9 tikungan (7 belokan kiri dan 2 belokan kakan), 1 water station (jarak 5,1 km) dan 3 persimpangan besar. 

Perlombaan Tradisional di LPKA Kelas 1 Tangerang

Menyambut peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke-78, pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilegon mengikuti kegiatan perlombaan tradisional yang diselenggarakan di LPKA Kelas 1 Tangerang pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023. Perlombaan dibuat secara beregu dan diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumhan Banten. Pada kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Tejo Harwanto, membuka kegiatan perlombaan tradisional. Kepala Kantor Imigrasi Cilegon, pegawai, dharma wanita, dan anak-anak dari Kantor Imgirasi Cilegon mengikuti kegiatan perlombaan dengan penuh semangat. Sorak sorai keceriaan mewarnai peserta lomba, berbagi perlombaan diselenggarakan diantaranya sepak bola,tarik tambang dan lomba untuk anak-anak lainnya. Perayaan yang menggambarkan antusiasme pegawai untuk memeriahkan peringatan HDKD ke-78 diharapkan dapat meningkatkan kekompakan dan semangat dalam bekerja.

Upacara dan Syukuran Hari Kemenkumham (HDKD) Ke-78 pada puncak acara peringatan Hari Dharma Karya Dhika Ke-78 pada tingkat Wilayah Kemenkumham Banten dilaksanakan secara terpusat di lapangan LPKA Kelas 1 Tangerang pada hari Senin (21/08/2023). Pada kegiatan tersebut Kepala Kantor Imigrasi Cilegon, Muhammad Deny Firmansyah beserta perwakilan pegawai Kantor Imigrasi Cilegon mengikuti rangkaian upacara dengan menggunakan Pakaian Dinas Harian II Baru. Pada puncak perayaan HDKD Ke-78, seluruh pegawai Kementerian Hukum dan HAM RI sesuai dengan peraturan Menteri Hukum dan HAM RI nomor 24 Tahun 2022 melakukan perubahan untuk pakaian dinas ASN di lingkungan Kemenkumham RI. Puncak perayaan juga diselenggarakan di unit utama, pada kesempatan tersebut Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly memberikan sambutan sebagai momentum peringatan untuk merefleksikan kembali apa yang telah dikerjakan.

“Selayaknya organisasi yang telah dewasa “mature”, teruslah untuk menggelorakan semangat kolektif yang harmoni, sinkron dan mampu berkolaborasi dari tiap-tiap insan pengayoman untuk mencapai satu tujuan ‘Kemenkumham semakin berkualitas untuk Indonesia Maju’ ujarnya.(ADV).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar