News Breaking
Live
wb_sunny

Giliran Kabupaten Bantaeng Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Kota Cilegon

Giliran Kabupaten Bantaeng Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Kota Cilegon

Spiritnews.media, (Cilegon) - Sejumlah pejabat Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, berkunjung ke Kota Cilegon, Kami, 27 Juli 2023. Mereka mempelajari pengolahan sampah yang sudah dilakukan Pemkot Cilegon.

Ikut serta dalam rombongan Pemkab Bantaeng antara lain Asisten Daerah I Hartawan Zainuddin Kepala Bappeda Litbang Asruddin, Kepala BPKAD Muhammad Awaludin Ramli, Kadis Pekerjaan Umum Andi Sjafarudin Magau, Kadis Lingkungan Hidup Nasir Awing, serta pejabat eselon III dan IV di lingkup Kabupaten Bantaeng, serta Direktur Utama PT Bantaeng Sinergi Cemerlang.

Kunjungan disambut Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin di halaman Kantor Wali Kota Cilegon. Rombongan tamu disambut dengan pertunjukan kebudayaan khas Cilegon yaitu debus dari Persatuan Pencak Silat Indonesia DPD Kota Cilegon.

Dalam kesempatan ini Maman menyambut baik kedatangan rombongan Kabupaten Bantaeng dan berterimakasih atas kunjungannya. “Pertama saya ucapkan selamat datang di Kota Cilegon kepada rombongan Kabupaten Bantaeng, mohon maaf jika penyambutan kami memiliki kekurangan,” ungkapnya.

Maman menyebut bahwa kedatangan pejabat dari Bantaeng merupakan kunjungan balasan karena pada 2021, Pemkot Cilegon yang dipimpin Wali Kota Helldy Agustian melakukan studi tiru ke Bantaeng mengenai sistem jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC)dan rumah sakit.

"Alhamdulillah pada tahun ini UHC kami sudah diatas 95 persen dan pada tahun depan Insya Allah kami akan membangun Rumah Sakit lima lantai, itu berkat kami studi tiru ke Bantaeng,” ujar Maman.

Maman berharap ke depannya Pemkot Cilegon dan Kabupaten Bantaeng terus menjalin silaturahmi dan hubungan baik untuk saling belajar kelebihan masing-masing. “Saya berharap pertemuan ini dapat menjalin silaturahmi yang baik dan bermanfaat baik bagi Kota Cilegon maupun Kabupaten Bantaeng,” harapnya.

Setali tiga uang, Asda I Kabupaten Bantaeng Hartawan Zainuddin pun menyampaikan pujian dan rasa takjub kepada Kota Cilegon sehingga ia dan rombongan datang ke Kota Baja. 

“Pertama saya mengucapkan terimakasih atas sambutannya yang berkesan bagi kami, karena sempat membuat kami berdebar juga dengan pertunjukan debusnya tadi. Ada pun tujuan kami datang beserta rombongan ini bermaksud ingin melaksanakan studi tiru mengenai pengelolaan sampah menjadi BBJP (Bahan Bakar Jumputan Padat) yang dimiliki Kota Cilegon,” katanya.

Hartawan juga menyampaikan bahwa letak geografis Kabupaten Bantaeng juga mirip dengan Kota Cilegon sehingga pihaknya merasa tertarik mempelajari pengelolaan sampah yang dimiliki Kota Cilegon. 

“Dapat saya sampaikan juga bahwa situasi geografis kami tidak berbeda jauh dengan Kota Cilegon, kami juga memiliki banyak industri. Jadi untuk Indonesia Timur sepertinya memang Kabupaten Bantaeng menjadi pusat industri berada, sehingga kita sangat tertarik dengan pengelolaan sampah di Kota Cilegon untuk coba kami tiru di Kab Bantaeng nanti,” tuturnya. (*ADV)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar