News Breaking
Live
wb_sunny

Helldy Ingin UMKM Maksimalkan Program KUR

Helldy Ingin UMKM Maksimalkan Program KUR

 


 

SpiritNews.Media (Cilegon) - Pemerintah Kota Cilegon melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kota Cilegon menggelar acara Coffe Morning dan Disuksi Sinergitas Program Pengembangan Ekonomi Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Cilegon yang berlokasi di The Royal Krakatau Cilegon, Rabu (22/06).

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam pemulihan ekonomi. "Kegiatan ini hanya sebagai sharing saja dalam rangka meningkatkan dan mempersiapkan pemulihan ekonomi setelah kita dilanda pandemi Covid-19 yang mengakibatkan perekonomian tidak stabil, perlu diketahui bahwa UMK ini memiliki peran yang penting dalam menopang kebangkitan ekonomi," ucapnya.

Lebih lanjut, Helldy menyampaikan jika dirinya ingin mengembangkan UMKM di Kota Cilegon. "Setiap bank itu memiliki dana KUR, kami selaku pemerintah kota Cilegon ingin membantu menyalurkan dana KUR tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan untuk mengembangkan UMKM mereka yang sedang dijalankan," ujarnya.

"Oleh karena itu saya minta kepada seluruh perbankan di kota Cilegon ini agar dapat melaporkan jumlah dana KUR yang tersedia pada masing - masing bank, dimana nantinya kita bisa mengetahu jumlah keseluruhan dana KUR yang tersedia di kota Cilegon ini dan bisa disalurkan untuk membantu para pelaku UMKM dimana hal ini agar supaya ekonomi kita dapat tumbuh dan juga sebagai langkah untuk mengembangkan UMKM di kota Cilegon ini," ungkapnya.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM yang berupaya dalam memberikan kebijakan pemberian kredit, pembiayaan modal kerja dan investasi kepada individu/perseorangan, badan usaha dan kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan yang belum cukup.

Tujuan dilaksanakannya program KUR yaitu untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Helldy berharap program KUR dapat dimaksimalkan dengan baik bagi para pelaku UMKM di kota Cilegon. "Saya berharap program KUR pada tiap bank yang ada di Cilegon ini dapat dimaksimalkan dengan sebaik mungkin oleh para pelaku UMKM, yang diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM agar supaya dapat semakin maju dan berkembang dimana hal itu bisa menopang dalam mempercepat pemulihan ekonomi di daerah dan nasional," pungkasnya.

Turut hadir, Asisten Daerah II Setda Kota Cilegon Tb Dzikiri Maulawardhana, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Kota Cilegon Didin S Maulana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon Syafarudin dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Setda Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra dan dihadiri Kepala Cabang seluruh Perbankan di Kota Cilegon.(red).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar