News Breaking
Live
wb_sunny

Dilengkapi Patung Dinosurus, Gresik Kembangkan Wisata Baru Beluron

Dilengkapi Patung Dinosurus, Gresik Kembangkan Wisata Baru Beluron

 

Icon Patung Dinosurus dari ban bekas di Bluron Bawean Solo, desa Baron Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik.


Gresik – Dipenghujung tahun 2021, Gresik Kembali membuka destinasi wisata yang tidak kalah eksotis dengan wisata lainnya. wisata ini dinamai Bluron Bawean Solo (BBC) yang terletak di desa Baron, kecamatan Dukun. Minggu, (05/12)

Wisata yang baru di resmikan pada Sabtu, 4 Desember 2021 kemarin menawarkan beberapa fasilitas wahana air seperti kolam renang untuk orang dewasa, kolam renang untuk anak kecil dan kolam terapi ikan, selain itu wisata desa ini juga dilengkapi dengan patung dinosurus raksasa berukuran 7 meter, uniknya patung tersebut terbuat dari limbah ban.

kita buat dari bahan bekas untuk mengurangi limbah lingkungan. Semua dari ban bekas menjadi dinosaurus.” ujar Kepala Desa Baron, Nurul Yatim.

Menurut keterangan pengelola wisata, dibangunnya wisata ini berawal dari rasa keprihatinan. Dulu desa Baron sering kali terkena banjir akibat luapan bengawan solo, saat itu banyak anak-anak desa Baron “Beluron” atau berenang dialiran banjir tersebut untuk bermain. Dari situasi itu kepala desa kemudian berinisiatif membuka wisata fasilitas kolam.

Yatim menjelaskan wisata ini menampung kurang lebih 78 UMKM desa, dengan harga tiket masuk senilai 15 ribu pengunjung sudah mendapatkan snack hasil produksi warga desa.

Selain kolam renang dan kolam terapi, diwisata desa ini juga menyediakan stan-stan kuliner yang dijalankan oleh masyarakat warga desa. Disini para pengunjung juga dapat bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia selepas berenang untuk menikmati suasana sekitar wisata.

Dengan dibangunnya wisata desa akan mendukung program pemulihan dan peningkatan ekonomi, melalui kegiatan pemberdayaan ekonomi ini juga akan memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Saya harap dengan dibangunnya wisata ini dapat mendongkrak pendapatan desa serta pendapatan ekonomi masyarakat sekitar”. Tambahnya.

 

Oleh Aisyah Putri,

Prodi Ilmu Komunikasi

Universitas Trunojoyo Madura

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar