News Breaking
Live
wb_sunny

Komunikasi Bisnis Pada Era Digital

Komunikasi Bisnis Pada Era Digital

SpiritNews.media (Artikel) - Berbicara mengenai bisnis di Indonesia nih temen-temen, pasti tidak asing lagi kan dengan komunikasi yang terjalin saat melakukan sebuat bisnis agar berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita impikan? Nah, yuk mari kita lebih dalam mengenal mengenai komunikasi bisnis pada era digital. Dengan mengenal lebih dalam mengenai hal ini, agar kita tidak ketinggalan informasi sekaligus bisa menjadi ilmu tambahan buat kalian nih.

Komunikasi bisnis yaitu proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis dimana hal ini secara efektif mendorong cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis yang mereka inginkan agar memudahkan satu sama lain dalam meraih suatu bisnis agar berjalan mulus dari awal.

Seiring berjalannya waktu, bisnis di indonesia tumbuh dengan cepat apalagi dengan diimbanginya perkembangan teknologi yang dipengaruhi dengan revolusi industri 4.0. banyak sekali bisnis-bisnis baru bermunculan, entah itu bisnis di bidang kuliner, bisnis dalam bidang jasa, maupun bisnis dalam bidang transportasi dan sebagainya.

Mengetahui faktor penting suatu bisnis dapat berkembang dan berhasil itu pastinya diimbangi dengan bantuan seseorang yag kreatif dan inovatif. Maka dari itu, komunikasi bisnis menjadi hal yanag paling penting dalam berbisnis apalagi dalam perkembangan teknologi dan zaman yang semakin maju dari tahun ke tahun.

Berbicara mengenai kegagalan dalam bisnis, kebanyakan diantaranya dikarenakan perusahaan tidak memperhatikan strategi komunikasi yang baik. Karena pada dasarnya komunikasi menjadi hal yang utama agar suatu kerja sama dapat terjaga satu sama lain yang dimana dapat membut sebuah diskusi, perencanaan, pengambilan keputusan oleh kedua belah pihak dengan damai. Jika komunikasi tidak berjalan dengan baik maka akan menimbulkan miscommunication oleh satu sama lain yang membuat suatu bisnis maupun perusahaan tidak berkembang dengan baik sesuai rencana awal.

Proses komunikasi yaitu proses penyampaian pikiran maupun pendapat dari komunikator ke komunikan. Adapun diantaranya ada 2 proses komunikasi diantaranya: Proses Komunikasi Primer yaitu proses penyampaian pikiran dan maupun perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan kode atau symbol (gestur tubuh bahkan gambar yang memiliki arti tertentu) dan Proses Komunikasi Sekunder yaitu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua (telepon, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, internet, dan lain-lain )

Pada era digital ini membawa perubahan dalam berkomunikasi. Komunikasi juga dapat dilakukan dengan video call melalui ponsel sehingga memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Komunikasi dalam bisnis pun seiring dengan munculnya era digital menjadi lebih berkembang dan variative pastinya. Pelaku usaha diharapkan dapat memanfaatkan era ini dengan baik untuk memajukan bisnisnya karena media di internet sekarang sudah menjadi hal umum yang dikenal semua orang.

Komunikasi bisnis yang dapat dilakukan melalui berbagai cara membuat informasi menjadi lebih cepat tersebar dan mudah dimengerti oleh pihak lain. Namun, terkadang komunikasi terhalang oleh suatu gangguan sehingga informasi yang disampaikan menjadi tidak efektif. Adanya strategi komunikasi membuat penyampaian suatu pesan atau informasi menjadi lebih jelas dan tidak lagi menimbulkan kesalahpahaman.

Strategi komunikasi yaitu tahapan perencanaan dan mengelola manajemen yang meliputi pesan, saluran, dan komunikator yang dilakukan secara sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya strategi komunikasi, dapat membuat suatu perusahaan lebih optimal dalam mencapai tujuannya. Strategi komunikasi dalam bisnis dijadikan sebagai pedoman suatu perusahaan dalam berkomunikasi antar rekan bisnis maupun konsumen pada era digital ini karena jika perusahaan maupun pebisnis berhasil memperkenalkan produk maka laba yang diterima akan semakin meningkat.

Penyusunan strategi komunikasi yang baik dapat membuat perusahaan lebih bekerja secara optimal. Strategi komunikasi sangat penting sebagai penunjang suatu perusahaan dalam melakukan aktivitas bisnisnya sehari-hari dengan catatan mencari celah untuk mendapat perhatian public di media. Namun, pekerja maupun karyawan terkadang masih belum mengetahui strategi komunikasi bisnis di era digital karena berbagai sebab, antara lain: Kurangnya komunikasi yang efektif, Kurangnya pemanfaatan teknologi ataupun gaptek dalam teknologi, Kurangnya pemanfaatan internet, Kurangnya diskusi antar pekerja atau karyawan.

 

Maka dari itu, saya sebagai penulis artikel ini menekankan pentingnya mendalami ilmu mengenai komunikasi bisnis. Jika boleh memberi sebuah saran, sebelum masuk dalam dunia kerja biasakan untuk pandai bersosialisasi dengan seseorang. Karena pada dasarnya jika kita berani memulai percakapan secara tatap muka, pandai masuk dalam percakapan bersosialisasi, mendalami public speaking, bahkan mempelajari mengenai hal yang berhubungan dengan bisnis di waktu luang akan membawa kita yang nantinya ingin terjun ke dunia bisnis menjadi lebih matang dan baik.


Ditulis Oleh : Irnanda Milati, Program Studi

Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar