News Breaking
Live
wb_sunny

Pejabat Pemkot Cilegon Kunker Ke Bali, Demi Lihat Proses Sampah Jadi Briket Batu Bara

Pejabat Pemkot Cilegon Kunker Ke Bali, Demi Lihat Proses Sampah Jadi Briket Batu Bara


 


SpiritNews.Media(Cilegon), Wali kota Cilegon, Helldy Agustian bersama Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin dan sejumlah pejabat teras Pemkot Cilegon, melakukan kunjungan ke Bali, tepatnya ke Kabupaten Badung, Selasa (27/10). Sejumlah agenda kerja menjadi fokus dalam kunjungan tersebut. Di antaranya adalah perihal pengelolaan sampah menjadi briket batu bara yang diproduksi di Kelurahan Jimbaran.

Pengelolaan sampah menjadi briket batu bara ini memang sedang digagas oleh Pemkot Cilegon atas kerjasama dengan PT. Indonesia Power, karena itulah perwakilan Indonesia Power disertakan dalam kunjungan kali ini. “Indonesia Power bahkan pada awal bulan November ini sudah akan melakukan serah terima 8 ton briket batu bara dengan Pemkot Cilegon di Kelurahan Bagendung, produksi briket batu bara ini memang tersentra di Kelurahan Bagendung,” ujar Maman.


 Terkait sampah yang menjadi diolah menjadi briket batu bara, dijelaskan Maman adalah beragam jenis sampah, termasuk sampah rumah tangga. “Nanti sistemnya seperti yang sudah berjalan di Kelurahan Jimbaran ini, dimana tidak terdapat TPA dan sampah langsung dibawa ke Pabrik pengolahan sampah menjadi briket batu bara,” tambah Maman.

Selain pengelolaan sampah, kunker juga mencermati perihal pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), dimana di Kabupaten Badung sudah berjalan dengan baik. "Pada saat bersamaan, pejabat pemkot lainnya di antaranya Asda 1 dan dari Disperindag Kota Cilegon melakukan kunker ke Disperindag Kabupaten Badung, hasil kunker langsung dievaluasi dalam sebuah rapat yang berlangsung Selasa sore itu juga," ujar Maman.

"Evaluasi dilakukan terkait kemungkinan penerapan di Kota Cilegon termasuk kemungkinan potensi dan kendala yang akan dihadapi," sambungnya.

Usai evaluasi, seluruh peserta rapat makan malam bersama di Jimbaran. Makan malam digelar sebagai bagian dari acara perpisahan pejabat LH Kota Cilegon, Didi, yang dua hari lagi akan memasuki masa pensiun. “Jadi makan malam di Jimbaran ini sebagai bentuk persahabatan kepada Pak Didi, bukan dalam rangka hura-hura,” pungkas Maman.

Selain Walikota, Sekda, Asda 1, dan Asda 2, turut serta dalam kunker ke Kabupaten Badung adalah pejabat PTSP, Disperindag, LH, Bappeda, DPKAD, dan Inspektorat Kota Cilegon serta perwakilan PT Indonesia Power.

Sebagai informasi, TPA Bagendung, Kota Cilegon, siap memproduksi briket batu bara. Produksi dilakukan atas kerjasama Pemkot Cilegon dengan PT Indonesia Power.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar