News Breaking
Live
wb_sunny

Jalin Kerja Sama dengan Indonesia Power, Pemkot Cilegon Akan Manfaatkan Sampah Menjadi Bahan Bakar Tenaga Listrik

Jalin Kerja Sama dengan Indonesia Power, Pemkot Cilegon Akan Manfaatkan Sampah Menjadi Bahan Bakar Tenaga Listrik


Cilegon - Pemerintah Kota Cilegon melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dengan PT. Indonesia Power terkait penelitian dan pengembangan teknologi pengelolaan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat untuk confiring pembangkit listrik tenaga uap secara zoom meeting di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, Rabu (25/8).


Pada kesempatan itu Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian mengapresiasi PT. Indonesia Power yang sudah melakukan terobosan dalam penanganan sampah di kota Cilegon. "Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Indonesia Power atas langkah terobosan yang sangat cemerlang dalam penanganan permasalahan lingkungan di kota Cilegon," ungkapnya.

Lebih lanjut, Helldy menjelaskan permasalahan sampah  bisa menjadi masalah sosial, ekonomi dan budaya. "Di Kota Cilegon sampah merupakan masalah yang sangat serius yang juga menyangkut masalah sosial, ekonomi, dan budaya, rata-rata sampah yang dihasilkan setiap hari kurang lebih sebanyak 1.300 meter kubik dan semakin bertambah, dengan adanya pengembangan mesin pengelola sampah ini sehingga kesadaran masyarakat Kota Cilegon dalam memilah dan memilih sampah akan meningkat," tuturnya.

"Oleh karena itu dengan pengelolaan sampah menjadi bahan bakar jumputan padat ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk Pemerintah Kota Cilegon," sambung Helldy.

Menurut Helldy, program pemanfaatan sampah organik menjadi bahan bakar jumputan padat ini juga akan berdampak positif pada pengembangan ekonomi kerakyatan. "Karena melibatkan partisipasi masyarakat secara aktif dalam pelaksanannya, semoga melalui kerja sama ini pula dapat meningkatkan pemberdayaan masyarakat kota Cilegon dalam industri pengelolaan sampah yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Helldy berharap agar kerjasama ini segera ditindaklanjuti perjanjiannya. "Saya berharap kerjasama ini dapat segera ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama yang lebih rinci, Dinas Lingkungan Hidup sebagai leading sector agar dapat memfasilitasi segala kebutuhan penelitian sehingga diharapkan pada akhirnya nanti dapat diproduksi bahan bakar jumputan padat yang berkualitas dan masuk kualifikasi sebagai substitusi batubara di PT. Indonesia Power," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Cilegon, Didi Sukriadi menjelaskan Pemkot Cilegon akan diberikan 2 mesin oleh PT. Indonesia Power. "Setelah penandatanganan perjanjian ini beres, nanti kita akan diberikan dua mesin untuk pengelolaan sampahnya, jadi kita akan mempersiapkan tempat  dan fasilitasnya," katanya.

"Jenis sampahnya itu sampah rumah tangga, yang bisa didaur ulang," jelas didi ketika ditanyakan jenis sampah yang diolah. (*)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar