News Breaking
Live
wb_sunny

Dinas Kominfotik Sumbar Dorong OPD Tingkatkan Kualitas Berita dan Website

Dinas Kominfotik Sumbar Dorong OPD Tingkatkan Kualitas Berita dan Website


Sumbar - Menulis berita merupakan bagian dari kewajiban dalam memberikan informasi kepada Publik. Oleh karena itu, Dinas Kominfotik Sumbar berupaya mendorong peningkatan kualitas penulisan melalui Bimbingan Teknis Operator Website bertempat di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Prov. Sumbar(27/8).

Yurnaldi, Wartawan senior kompas, yang hadir selalu pemateri menyampaikan, website adalah salah satu medium untuk menyampaikan informasi ke publik. Website milik Pemerintah harus mampu menyediakan data yang lengkap dan kredibel.

"Kurangnya ketersediaan data dari Pemerintah dalam menyampaikan informasi ke publik bisa berujung sengketa bahkan pidana," ujar Yurnaldi.

Selain itu, informasi yang dihadirkan oleh website pemerintah, terutama dalam menyampaikan berita juga harus diramu dengan baik sehingga menarik untuk dilirik oleh masyarakat dan mampu menjadi sumber bagi media lain.

Dalam Hal ini, Yurnaldi mengatakan penulis berita semestinya melakukan riset data sebelum menulis, agar tulis lebih menarik. Menurutnya, kendala yang sering dihadapi adalah belum efektifnnya pejabat pengelola informasi Publik (PPID) di setiap OPD, sehingga terkadang operator maupun publik kesulitan menghadirkan data.

"Padahal ada empat elemen penting dalam PPID, yaitu pustakawan, arsiparis, operator, dan humas yang akan melengkapi data-data yang dibutuhkan" ucap mantan komisioner KI itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Jasman, yang turut hadir juga kembali menekankan pentingnya penulisan berita dan peran PPID pembantu di setiap OPD terutama dalam pengelolaan website sebagai beranda pemerintah daerah di era digital.

"Baik buruknya wajah OPD tergantung informasi yang dikelola dan disampaikan oleh PPID dan itu tercermin salah satunya dari pengelolaan berita di webiste," tegas Jasman.

Terakhir ia berharap agar bimbingan teknis ini dapat terlaksana secara berkelanjutan dan menjadi inspirasi bagi Provinsi lainnya.

Selain menerima materi dari narasumber, pelatihan yang diikuti oleh operator website dari seluruh OPD ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk melatih kemampuan menulisnya secara langsung.(MMC Sumbar)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar