News Breaking
Live
wb_sunny

26 Februari 2021 Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

26 Februari 2021 Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020


Jakarta - Pelantikan Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan dilakukan pada 26 Februari 2021. 

Hal itu disampaikan  Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik, usai konferensi pers secara virtual, Rabu (17/2/2021).

"Yang akan dilantik Februari ini adalah yang 122 yang tidak ada sengketa. Ditambah dengan jumlah yang hari ini kita akan ketahui jumlahnya, yang ditolak sengketanya oleh Mahkamah Konstitusi (MK),  kami perkirakan ada kurang lebih jumlah 50. Jadi  kurang lebih 170-an yang akan kita lantik akhir Februari ini," urainya.

Dikatakan Akmal, karena ada perbedaan periode habisnya masa jabatan, pemerintah akan menggelar pelantikan secara bertahap. Akmal menyebutkan, ada tujuh daerah yang habis masa jabatannya pada tanggal 12 Februari 2021.

"Dua di antaranya tidak ada sengketa dan sudah dilantik oleh Presiden Joko Widodo, yaitu Kalimantan Utara dan Sulewesi Utara, sedangkan daerah lainnya masih menunggu hasil putusan MK," katanya.

Sementara itu, setelah 26 Februari juga akan dilakukan pelantikan kembali untuk perkara sengketa yang masih berlanjut di MK, dan pelantikan kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada Maret, April dan Mei.

"Ditambah dengan 17 yang habis di bulan April akan dilantik di akhir April kemudian untuk yang bulan Mei ada 11 daerah, dan Juni ada 17 daerah itu akan dilantik di akhir Juni," ujarnya.

Kemudian Yalimo pada bulan September. Membramo Raya dengan Muna dan terakhir dengan Kota Pematang Siantar. "Kita akan mencoba melantik pada September atau Juli," tambahnya. (InfoPublik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar