News Breaking
Live
wb_sunny

Salah Satu Tokoh Pendiri Banten Asal Pandeglang Tutup Usia

Salah Satu Tokoh Pendiri Banten Asal Pandeglang Tutup Usia


SpiritNews.media | (Serang) Kabar duka datang dari salah satu tokoh yang terlibat dalam kelahiran Provinsi Banten.


Muchtar Mandala, ia adalah Lelaki kelahiran Pandeglang ini dikabarkan tutup usia, sekira pukul 04.45 WIB, Kamis, 06/08/2020, di RS Siloam, Karawaci, Tangerang.


Kepergiannya tentu mengundang banyak simpati dari sejumlah tokoh yang ada di Banten.


Salah satu tokoh muda yang kini menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Pandeglang, Pujiyanto, merasa terpukul dan mengaku kehilangan atas kepergiannya. 


"Bagi saya, beliau adalah seorang motivator. Sebagai salah satu tokoh yang membidani kelahiran Provinsi Banten, beliau punya andil besar saat menjadi tuan rumah, untuk mengumpulkan ratusan tokoh Banten di kediamannya di Kampung Nyimas Ropoh. Lebih dari 500 tokoh Banten berkumpul pada saat itu dan mendeklarasikan kebersamaan sikap dalam mendukung berdirinya Banten menjadi sebuah Provinsi. Ini merupakan salah satu fakta sejarah perjuangan para tokoh Banten dan salah satunya adalah Muchtar Mandala," ungkapnya.


Menurutnya, selain sudah berjasa dalam hal pendirian Provinsi Banten, beliau juga turut berjasa dalam kehidupan perbankan di Indonesia dengan mendirikan majalah Infobank.


"Saya turut merasa kehilangan, semoga khusnul khotimah dan Allah SWT menempatkannya di surga," ucapnya.


Untuk diiketahui, Muchtar Mandala yang juga tokoh perbankan Nasional ini lahir di Pandeglang, Banten, pada 5 Juni 1945.


Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu, lantas berkarir sebagai bankir hingga pernah menjadi Dirut Bank Duta dan Direktur Bank Bukopin.


Muchtar dimakamkan sekira pukul 09.00 WIB di kediamannya di Kampung Nyimas Ropoh, Pandeglang, dimana salah satu tempat bersejarah yang menjadi saksi berkumpulnya tokoh-tokoh masyarakat Banten pada 23 Januari 2000.


Dan disana pula lahirlah 'Deklarasi Nyi Mas Ropoh', yang menjadi cikal-bakal berdirinya Provinsi Banten. (red)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar